Awas, Kebiasaan Kamu Bisa Diketahui Orang Lain Lewat WhatsApp!

0
23934
WhatsApp
Copyright©tribunj

Awas, Kebiasaan Kamu Bisa Diketahui Orang Lain Lewat WhatsApp!

Indowarta.comWhatsApp saat ini merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan atau yang paling terpopuler. Kali ini layanan chatting tersebut mengkalim jika saat ini mereka telah menggunakan fitur end to end.

Fitur ini sendiri dapat digunakan baik pengguna dan pihak WhatsApp tak ada yang mengintip pesan yang dikirimkan. Akan tetapi baru-baru ini seorang software engieneer bernama Robert Heaton justru mengungkapkan jika dirinya berhasil mengungkap celah keamanan di aplikasi milik Facebook ini.

Heaton mengaku telah menemukan celah kemanan dimana memungkinkan seseorang ataupun pihak ketiga memantau kebiasan pengguna WhatsApp. Dari informasi yang didapat melalui celah keamanan ini mampu mengetahui kebisaan ketika memakai ataupun waktu tidur pengguna lainnya.

Baca juga : Arab Saudi Cabut Blokir WhatsApp dan Skype!

Untuk melakukan hal tersebut Heaton pun memanfaatkan informasi melalui status online dan last seen seseorang. Cukup diketahui jika last sen sendiri memungkinkan orang lain untuk mengetahui terahir kali pengguna WhatsApp online.

WhatsApp
Copyright©republika

Namun perlu ketahui fitur ini sebenarnya dapat diatur sesuai dengan prefensi pengguna, namun informasi mengenai seseorang tengah online tidak dapat disembunyikan. Lalu bagaimana cara informasi tersebut dapat diolah dan dapat mengetahui informasi penggunanya?

Langkah pertama yang dilakukan oleh Heaton yakni ia membuat ekstensi di Chrome untuk mengetahui kontak WhatsApp yang sedang online. Supaya metode ini berhasil ia hanya menggunakan empat baris javascript ditambah aplikasi WhatsApp Web. Lantas iapun memantau data dari para kontaknya dan kemudian diolah untuk dibandingkan.

Selanjutnya dari data tersebut kemudia ia Heaton menyimpulkan waktu seseorang berkomunikasi dengan orang lain. Selaian itu waktu tidur seseorang juga dapat dilihat dan kesimpulannya jika hal tersebut dapat dialah dengan informasi ini. Dia mengatakan jika cara ini juga berlaku untuk memantau kebiasan pengguna lain di media sosial Facebook.

Baca juga : Cara Membuat Huruf Tebal Miring Sampai Dicoret di WhatsApp!

Akan tetapi perlu menjadi catatan, meskipun tidak berbahaya perlu diperhatikan jika data yang dikumpulkan dari informasi ini dapat dijual oleh pihak ketiga. Data itu dijual dengan sejumah tujuan salah satunya untuk pemasaran. Sebenarnya bukan hanya ini saja, tapi ada banyak trik lainnya yang belum Anda ketahui di layanan berpesan yang satu ini.

Baca juga : Hati Hati dengan Penipuan New Color For WhatsApp, Bisa Penuh Iklan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here