Berita Hari Ini : Uber Didenda Rp 12 Miliar Di Perancis Lantaran Hal Ini !

0
926
Uber

Berita Hari Ini : Uber Didenda Rp 12 Miliar Di Perancis Lantaran Hal Ini !

Indowarta.com– Pengadilan di Prancis telah mengenakan denda kepada perusahaan taksi yang berbasis aplikasi yakni Uber. Menurut pengadilan di Prancis tersebut, kesalahan dari Uber adalah karena mengoperasikan layanan transportasi ilegal yang dikemudikan oleh para pengemudi yang belum profesional.

Kasus ini dikhususkan pada layanan UberPop. Layanan ini berfungsi untuk menghubungkan pengguna dengan pengemudi yang non profesional menggunakan mobil mereka sendiri. Oleh karena itu, pengadilan kriminal Paris telah menjatuhkan hukuman berupa denda kepada perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat tersebut. Besarnya denda tersebut adalah 800.000 Euro atau berkisar antara Rp 12 miliar.

Selain itu deda juga dikenakan kepada dua orang eksekutif senior Uber. Pada tahun 2014 silam, parlement Prancis sepakar bahwa UberPop dan layanan semacam itu disebut ilegal.

Uber

Ini juga merupakan dampak dari tekanan para pengemudi taksi yang mempunyai lisensi. Mereka menyatakan bahwa UberPop menyulut persaingan tidak sehat karena telah memperkerjakan pengemudi yang non profesional.

Pada bulan Juli 2015, layanan UberPop pun telah dilarang di Prancis. Tidak hanya Prancis, Uber juga dinyatakan ilegal di beberapa negara. Negara yang menyatakan bahwa Uber Ilegal tersebut adalah Italia, Spanyol, dan yang terakhir adalah Jerman. Sementara itu masih ada putusan yang tertunda di Belgia dan Belanda.

Sejak didirikan pada tahun 2009 dan mulai berekspansi ke seluruh dunia, Uber memang sudah terlibat banyak kasus hukum di beberapa negara. Namun perlu diketahui, kasus yang ada di Prancis ini merupakan pertama kali pihak Uber berada di kancah pengadilan.

Sementara itu otorias Thailand juga telah mencabut izin operasi dari Uber ini. Alasannya adalah sarana transportasi yang berbasis aplikasi ini telah melanggar aturan setempat dan juga berselisih dengan perusahaan transportasi yang sebelumnya sudah terdaftar.

Karena hal teresebut, Uber juga dikenai denda sebesar 4.000 baht atau sekitar 1,5 juta dan surat izinnya juga terancam dicabut. Di Indonesia sendiri, Uber juga sempar berselisih dengan perusahaan transportasi yang sudah terdaftar.

baca juga :

 Berita Terkini : Kartu Jakarta One Mulai Diluncurkan Oleh Ahok dan Gubernur BI Hari ini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here