Berita Terkini : BMKG MInta Warga Waspadai Gelombang Pasang Selama Ramadhan !

0
1087
BMKG

Berita Terkini : BMKG MInta Warga Waspadai Gelombang Pasang Selama Ramadhan !

indowarta,com– Fenomena bajir rob dan gelombang pasang di sejumlah wilayah pesisir Indonesia diperkiarakan akan masih berlangsung hingga akhir pekan ketiga pada bulan Juni. Hal tersebut tidak terlepas dari gejala laut dan angin munson timur yang terjadi hampir bersamaan.

Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG Kukuh Ribudiyanto menyebutkan bahwa kondisi pasang tertinggi di perairan kini tercatat sudah mengalami penurunan pada ketinggian 0,9 meter. Namun diperkirakan bahwa ketinggian permukaan air laut akan kembali mengamali kenaikan pada pertengahan bulan Juni ini atau pekan ketiga pada bulan Ramadhan ini.

Kukuh mengatakan bahwa air pasang tertinggi diprediksi akan terjadi pada tanggal 17 hingga 22 Juni. Diperkirakan ketinggian mencapai 1,1 sampai 1,2 meter.

Namun prediksi air pasang tersebut masih belum dipadukan dengan gejala angin munson timur atau yang sering disebut dengan angin timuran. Angin yang menyababkan gelombang tingi dan banjir rob pada sejumlah wilayah perairan di Indonesia.

BMKG

BMKG bisa memprediksi gejala air pasang jauh hari dengan cara mengukur gravitasi bulan yang bisa diprediksi secara berkala. Namun jika memprediksi mengenai parduan air pasang dengan gelombang tinggi yang disebabkan oleh angin munson timur tersebut, BMKG hanya bisa melakukan perkiraan per mingguan.

Hal tersebut sangat dinamis atau berubah-uabh. Namun untuk prediksi jangka panjang ini secara klimatologis, munson biasanya semkin kuat pada puncak kemarau.

Kukuh menyebutkan bahwa Indonesia kini sedang mengalami kemarau basah. Hal ini ditandai dengan turunnya hujan deras, cuaca hangat di permukaan laut Samudera Hindia yang menyalurkan pertumbuhan awan hujan. Dengan kata lain, pancaroba yang kini melanda Indonesia sangat mempengaruhi diinamika gejala atau fenomena alam ini.

Kuku berharap agar gelombang tinggi dan air pasang ini bisa reda menjelang lebaran tahun ini agar arus mudik jalur laut bisa berjalan normal. Bagaimanapun dirinya juga menghimbau agar menghindari aktivitas di wilayah perairan yang kini rawan gelombang tinggi dan pasang laut.

baca juga :

Berita Terkini : BMKG Ungkap Pemicu Utama Kenapa Gelombang Di Pantai Selatan Masih Tinggi !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here