Lima Hal Penting yang Wajib Diketahui dari Sosok S. Chandrasekhar!

    0
    376
    S. Chandrasekhar
    Copyright ©tribunkaltim

    Lima Hal Penting yang Wajib Diketahui dari Sosok S. Chandrasekhar!

    Indowarta.com – Kali ini Google memperingati hari ulang tahun ke 107 Subrahmanyan Chandrasekhar pada Kamis, 19 Oktober 2017. Untuk mengenang jasa S. Chandrasekhar, Google menampilkan sosok pria ini dengan menjadikan tema doodle.

    Tanpa penelitian yang dibuat oleh S. Chandrasekhar, bisa dikatakan jika evolusi bintang masih akan menjadi misteri sapai saat ini. Penelitiannya membantu penghuni bumi memahami semesta dengan lebih baik.

    Sosok pria jenius ini merupakan ilmuwan fisika atau Astrofisikawan India-Amerika Serikat. Dia pernah memenangkan Hadiah Nobel karena teorinya tentang evolusi bintang yang menyebutkan tidak semua bintang menjadi bintang kerdil putih.

    Ada sejumah fakta yang tentunya perlu diketahui tentang soosk S. Chandrasekhar serta teori yang dicetuskannya. Berikut ada lima fakta mengenai sosok yang muncul di laman Google Doodle hari ini :

    Sosok S. Chandrasekhar mengubah pemahaman mengenai pola evolusi bintang ditahap akhir
    Sekitar tahun 1930-an, sejumlah ilmuan menyimpulkan jika semua bintang akan runtuh menjadi bintang kecil kerdil berwarna putih. Bintang akan runtuh setelah mereka mengubah hidrogen dan helium yang terkandung di dalamnya

    S.Chandrasekhar
    Copyright ©banjarmasin post

    Chandrasekhar memberikan pendapat lebih maju dengan beranggapan bintang tak diciptakan sama
    Dari penelitain yang dilakukannya bintang tak berhenti berkontraksi dikemudian hari. Bintang mempunyai massa 1,44 kali matahari dan akan terus berkontraksi. Angka ini dikenal dengan teori Batas Limit Chandrasekhar dan angka ini juga sebagai langkah besar untuk memahami bintang neutron serta pemicu ledakan supernova.

    Temuan S. Chandrasekhar menunjukan adanya lubang hitam
    Jika massa bintang lebih besar dari pada matahari maka akan terus berkontraksi membentuk kurcaci putih dan kontraksi inilah yang menciptakan supernova. Untuk bintang yang bermassa lebih dari 1,44 kali akan terus berlanjut hingga menghasilkan lubang hitam.

    S. Chandrasekhar menerbitkan teori pertama evolusi bintang sebelum usianya menginjak 20 tahun
    Sosok ilmuawan fisika ini terpilih menjadi Astrofisikawan India-Amerika Serikat menjadi anggota Royal Societu of London sebelum berusia 34 tahun. Setelah itu ia menjadi sorang fisikiawan yang terkenal dan disegani.

    – Pria ini menjdi pelopor astrofisikawan
    S. Chandrasekhar mendapatkan Hadiah Nobel Astrofisikawan dan penghargaan yang diterima tahun 1983 itu sebagai penghormatan atas penemuanya. Pamannya Sir C.V Raman Chandrasekhar juga pernah mendapatkan Hadiah Nobel sekitar tahun1930-an.

    Baca juga : Chandrasekhar, Pengembang Teori Bintang Kerdil Putih yang Hadir di Google Doodle Hari Ini!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here