Perppu Ormas Perlu Karena Untuk menjaga Eksistensi bangsa!

0
221
Perppu Ormas
Copyright©republika

Perppu Ormas Perlu Karena Untuk menjaga Eksistensi bangsa!

Indowarta.com– Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Azyumardi Azra telah menilai bahwa Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 ini tentang Organisasi Kemasyarakatan ini diperlukan untuk bisa menjaga eksistensi banga Indonesia.

BACA JUGA : Terkait Kasus Bayi Debora, Kenapa Banyak Rumah Sakit Belum Kerjasama dengan BPJS Kesehatan?

Azyumardi dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komisi II DPR, di Jakarta pada hari Rabu 18 Oktober 2017 ini telah mengatakan “Pengertian kegentingan memaksa sebenarnya tidak ada, namun saya tegaskan ini soal eksistensial yaitu ada ormas yang tidak terima Pancasila, padahal itu ideologi bangsa Indonesia”.

Selain itu dirinya juga telah mengatakan bahwa kalau ada ormas yang bertentangan dengan Pancasila itu dibiarkan, maka eksistenti negara bangsa Indonesia ini bisa berakhir cepat atuapun lambat nanti. Oleh sebab itu, menurut dirinya Perppu Ormas ini tidak bisa disamak dengan penyebab munculnya Perppu Terorisme yang telah dikeluarkan karena adanya kegentingan pascaperisitwa Bom Bali 1 dan 2.

Perppu Ormas
Copyright©kabarpapua

Dirinya telah mengatakan “Namun, harus dilihat lebih luas yaitu masa depan negara bangsa berdasarkan Pancasila”. Selain itu dirinya juga menilai bahwa Perppu Ormas ini tidak khususnya ditujukan kepada Hizbut Tahriri Indonesia saja, namun juga kelompok mana pun yang telah mengancam eksistensi negara Indonesia ini.

Menurut Azyumardi, tantangan yang dihadapi oleh NKRI dan juga Pancasila ini tidak sederhana karena dengan adanya demokrasi yang sudah berjalan semenajk tahun 1998/1999 hingga saat ini, berbagai paham aliran dan juga gerakan yang tidak sejalan dengan NKRI ini bisa dengan bebas menyampaikan ekspresinya.

BACA JUGA : Begini Kronologis Kematian Bayi Debora Versi Rumah Sakit!

Dirinya telah menegaskan “Saya ingin menyimpulkan Perppu ini memang diperlukan, ini persoalan eksistensial bangsa Indonesia. Kalau ada kekhawatiran ormas lain jadi target, kita harus pantau pemerintah”.

Selain itu dirinya juga menilai bahwa berlebihan Perppu Ormas ini akan bisa mendrong pada otoritarianisme karena di dalam era demokrasi ini tidak mungkin Indonesia akan kembali ke paham tersebut.

Dengan adanya Perrpu tersebut, pemerintah telah membubarkan ormas Hizbut Tahriri Indonesia yang diduga telah menganut paham khilafah.

baca juga : 

Syarat Utama Rumah Sakit Bisa Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here