Partai Idaman Akan Konsultasi ke Bawaslu Karena Tak Lolos KPU!

0
413
Partai Idaman
Copyright ©Kompas

Partai Idaman Akan Konsultasi ke Bawaslu Karena Tak Lolos KPU!

Indowarta.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menolak berkas yang diajukan oleh 13 partai politik, termasuk Partai Idaman. Berkas tersebut diketahui untuk mendaftarkan menjadi calon peserta dalam Pemilu 2019 mendatang.

BACA JUGA : Total 27 Partai Politik Akan Ramaikan Pemilu 2019!

Sedangkan, Partai Idaman sekarang ini sudah tidak dapat melengkapi berkas yang ditolak, lantaran pendaftaran di KPU sendiri telah resmi ditutup, mulai 17 Oktober 2017 sekitar pukul 24.00 WIB kemarin.

Melihat hal tersebut, Ramdansyah selaku sekjen Partai Idaman tidak tinggal diam. Pihaknya hari ini akan mendatangi Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu), tujuan dari kedatangannya tersebut untuk mengkonsultasikan hal itu.

“Nanti jam 14.00 WIB kita akan ke Bawaslu konsultasi, terkait hal ini. Nanti ada dua kuasa hukum kita juga mendampingi,” ungkap Ramdansyah di Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Dia menjelaskan, adanya kekurangan dokumentasi administrasi Partai Idaman ini karena masih dalam tahap pengerjaan. Ramdansyah menambahkan, sebenarnya semua berkas yang ditentukan sebenarnya akan diserahkan kepada KPU.

Pemilu 2019
Copyright ©nasionalkompas

“Ya memang yang Sipol (Sistem Informasi Partai Politik) itu kita sedang mengerjakan, yang dilakukan itu dulu terkait pemberkasan. Nah itu yang akan kita tanyakan ke Bawaslu apakah itu menjadi syarat utama (pendaftaran),” kata Ramdansyah.

BACA JUGA : Dokumen Tak Lengkap, 13 Partai Ini Dipastikan Tak Bisa Ikut Pemilu 2019!

Selain melakukan konsultasi dengan Banwaslu, Dia mengatakan, kalau Partai Idaman juga akan melakukan konsultasi kepada Dewan Kohormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengenai pendaftaran untuk parpol calon peserta Pemilu 2019 nanti.

Setelah adanya penutupan pendaftaran calon partai peserta Pemilu 2019, KPU mengumumkan hanya ada 14 partai politik yang sudah melengkapi berkasnya dalam pendaftaran ini. Padahal sebelumnya, KPU menerima pendaftaran yang diserahkan oleh 27 parpol, dan 10 diantaranya sudah dinyatakan lengkap lebih dulu.

“Sejak semalam kita tutup bertambah 4 dan totalnya 14 parpol yang kita terima. Ke-13 parpol lainnya tidak memenuhi syarat dokumen pendaftaran,” jelas Komisioner KPU Hasyim Asy’ari di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (18/10/2017).

Sedangkan untuk 13 parpol yang ditolak oleh KPU, sudah tidak memiliki waktu utuk melengkapi berkasnya. Sehingga, 13 parpol yang termasuk Partai Idaman itu tidak ikut serta dalam Pemilu 2019 yang akan diselenggarakan mendatang.

“Di undang-undangnya itu kan disebutkan pendaftaran itu penyerahan dokumen harus lengkap, kalau tidak lengkap apa yang mau diteliti,” paparnya.

BACA JUGA : Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2019 Ditutup Hari Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here