Berita Terkini : Bobot PPDB Terbesar Ditentukan Dari Nilai UN !

indowarta.com- Beredar kabar jika pada PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tahun 2016 ini, nilai UN memiliki bobot paling besar dalam komposisi penilaian.

0
1262
PPDB

Tahun Ini, Nilai UN Memiliki Bobot Terbesar Ditentukan Dalam Proses PPDB!

indowarta.com– Beredar kabar jika pada PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tahun 2016 ini, nilai UN memiliki bobot paling besar dalam komposisi penilaian. Walaupun tidak menentukan lulusnya peserta didik, akan tetapi keberadaa nilai UN tetap penting.

Pada PPDB tahun ini, pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas telah menggunakan acuan 3 parameter penilaian, yaitu Nilai Ujian Nasional (UN), nilai Bonus Prestasi (NBP) dan Nilai Potensi Lokal (NPL).

Pasalnya dalam ketentuan terbaru, nilai UN memiliki bobot sebanyak 85%, NBP sebanyak 10%, dan NPL sebanyak 5% dalam proses PPDB tahun ini. sementara menurut Kasubag Bina Program Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Ari Kusyono, mengungkapkan selain 3 parameter tersebut, awalnya ada nilai Ujian Sekolah (US) yang juga menjadi acuan.

Akan tetapi, pihak Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah telah mengeluarkan surat edaran tentang parameter yang dipakai dalam proses PPDB tahun 2016 ini. Dalam surat edaran tersebut disebutkan jika nilai rata-rata Ujian Sekolah tidak dipakai lagi dalam penerimaan siswa baru.

PPDB

Alasan dalam hal tersebut adalah agar tercipta keadilan. Selain itu, menurut informasi terakhir, jumlah sekolah yang dinyatakan positif untuk menyelenggarakan PPDB online adalah sebanyak 109 sekolah. Baik jenjang SMP, SMA dan SMK.

Untuk PPDB jenjang SMA/SMK akan dilaksanakan pada tanggal 13 sampai dengan 16 Juni 2016 mendatang. Sedangkan untuk jenjang SMP akan dilaksanakan pada tanggal 27 sampai 30 Juni 2016 mendatang.

Untuk jenjang SMA/SMK dalam pendaftarannya calon peserta didik dapat memilih dua jenis sekolah, yaitu SMA dan SMK. Hal tersebut berbeda dengan PPDB yang dilaksanakan tahun lalu. tahun lalu calon peserta didik hanya dapat menentukan satu pilihan saja, yaitu di SMA atau SMK.

Bamun untuk tahun ini kebebasan memilih sekolah lebih diperluas dengan adanya dua pilihan. Ini akan dapat memberikan kemudahan bagi siswa yang masih ragu untuk memilih sekolah di SMA atau SMK. Dengan adanya peraturan baru tersebut calon peserta didik dapat bebas menentukan.

baca juga : Berita Terkini : Berikut Nomor Pengaduan Untuk Fb dan WhatsApp Jika Menemukan Pelanggaran Di PPDB Kota Bandung !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY