Hujan Meteor, Ini 6 Fenomena Alam yang Bisa Dilihat Mata Telanjang Akhir Pekan Ini!

0
348
Hujan Meteor
Copyright ©klikkabar

Hujan Meteor, Ini 6 Fenomena Alam yang Bisa Dilihat Mata Telanjang Akhir Pekan Ini!

Indowarta.com – Hujan meteor sepertinya akan terjadi sepanjang pekan ini atau lebih tepatnya muai tanggal 17 hingga 22 Oktober 2017. Para benda langit yang kebanyakan terdiri dari batuan hingga planet akan menampakan dirnya di Indonesia.

Ada sejumah fenomena terkait dengan hujan meteor yang terjadi pada Minggu ini. Kurang lebih ada enam fenomena alam yang bisa dilihat dengan mata telanjang sepanjang pekan ini :

1. Planet Mars, Venus berdekatan dengan bulan
Fenomena ini terjadi tepatnya tanggal 17 Oktober 2017, dimana terlihat ‘kemesraan’ palnet tersebut. Planet Mars, Venus dan Bulan nampak berdekatan serta saat itu bisa dilihat dengan mata telanjang.

2. Bulan Sabit Tua dan Planet Venus
Fenomena ini disebut juga sebagai ‘Transit venus’ dimana planet venus berada di muka matahari. Peristiwa ini terlihat pada taggal 18 Oktober 2017 dan saat itu kita bisa melihat iring-iringan sabit tua dan venus sebelum fajar. Fenomena yang satu ini juga pernah terjadi tepatnya tanggal 6 September 2004 silam dan diperkirakan muncul kembali pada 6 Juli 2012 lalu.

Hujan Meteor
Copyright ©tribunbatam

3. Iring-Iringan Planet Jupiter dan Planet Merkurius
Pada saat itu pula kita juga bisa menyaksikan iring-iringan Jupiter dan Merkurius yang menghiasi langit. Akan tetapi fenomena tersebut tak bisa kita saksikan saat ini karena langit Indonesia masih cukup terang.

4. Penampakan Planet Uranus
Hal ini juga diungkapkan oleh seorang penulis situs langit selatan Marufin Sudibyo. Dia berakata jika Uranus akan menampakan diri sepanjang malam dan dapat dilihat dengan mata telanjang tepatnya tanggal 19 Oktober 2017.

5. Hujan Meteor Mayor
Hujan meteor ini akan terlihat di langit Indonesia pada tanggal 21 hingga 22 Oktober 2017. Fenomena ini disebut dengan Orionids dan bisa disaksikan dengan mata telanjang malam hingga subuh. Dalam peristiwa ini kira-kira akan menampakan 15 hingga 20 meteor setiap jamnya. Namun syaratnya supaya bisa melihat fenomena ini ialah cuaca yakni meteor lebih mudah dilihat saat kondisi gelap.

6. Konjungsi Bulan dan Planet Saturnus
Terakhir yakni konjungsi bulan dan Saturnus akan menjadi penutup pada tanggal 24 Oktober 2017. Fenomena ini akan terlihat mulai matahari terbenam hingga pukul 21.00 WIB. Meskipun bisa dilihat dengan mata telanjang, namun disarankan menggunakan teleskop supaya bisa melihat kawah dan cincin Saturnus.

Baca juga : Lima Hal Penting yang Wajib Diketahui dari Sosok S. Chandrasekhar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here