Berita Terkini : Nilai UN SMP Tahun Ini Turun 4 Poin dibandingkan dengan Hasil Nilai UN Tahun Lalu !

0
2167

Berita Terkini : Nilai UN SMP Tahun Ini Turun 4 Poin dibandingkan dengan Hasil Nilai UN Tahun Lalu !

Indowarta.com– Hari ini hasul Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan diumuman secara serentak kepada 4.372.872 siswa dari 60.067 satuan pendidikan. Setiap sekolah pun menerapkan berbagai metode untuk menyampaikan nilai kepada siswa mereka masing-masing.

Dalam konferensi pers nilai UN SMP yang digelar kemarin, Menteri Pendidikan dan Budaya yakni Anies Baswedan menyebutkan ada peningkatan indeks integritas ujian nasional (IIUN) di 72 persen Sekolah Menengah Pertama. Selain itu sebanyak 21,16 persen sekolah mengalami kenaikan IIUN dan juga nilai UN SMP.

Anies Baswedan menyebutkan bahwa salah satu penyebab dari naiknay IIUN ini adalah karena penggunaan sistem UN Computer Based Test atau sering disebut CBT. Sekolah yang sudah jujur pada tahun 2015 akan semakin terlihat di tahun 2016 ini. Jika integritasnya rendah, maka gap nilai tinggi dan jika integritasnya tinggi, maka gap nilai akan rendah.

download-prediksi-soal-ujian-nasional-smp

Namun dilihat dari segi nilai, masih ada 41,92 persen dari jumlah peserta UN SMP masih belum mencapai nilai rata-rata sebesar 55. Sedangkan nilai UN SMP yang mencapai rata-rata sebesar 85 masih sebesar 4,04 persen.

Walaupun begitu, sebanyak 168 ribu siswa yang mencapai nilai rata-rata di atas 85 ini patut diapresiasi. Karena jumlah tersebut masih jauh lebihi tinggi dibanding dengan jumlah lulusan sekolah menengah di negara Singapura yang hanya berjumlah 40 ribu hingga 45 ribu siswa per tahunnya.

Disisi lain Anies juga mengingatkan bahwa banyaknya siswa yang masih mendapat nilai UN SMP di bawah rata-rata 55 jangan dijadikan sebagai sebuah ketakutan. Misalnya saja ketika kita akan mengahadapi MEA. Saat ini indeks integritas Ujian Nasional (IIUN) sudah mampu mengkoreksi nilai UN yang sebenarnya.

Hasil UN SMP 2016 ini akan menjadi landasan untuk pembinaan dan juga intervensi terhadap sekolah agar bisa menjadi lebih baik lagi. hasil ini juga tidak lepas dari peran serta guru didik.

baca juga :

 Berita Hari Ini : Uber Didenda Rp 12 Miliar Di Perancis Lantaran Hal Ini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here