Hujan, Berteduh Sembarangan Sama Saja dengan Bunuh Diri!

0
178
Hujan
Copyright ©keppo

Hujan, Berteduh Sembarangan Sama Saja dengan Bunuh Diri!

Indowarta.com – Ketika keadaan hujan tentu saja kita berteduh, apalagi ketika mengendarai kendaraan roda dua. Pengguna sepeda motor yang berteduh di kolong jembatan masih menjadi pemandangan umum yanag sering kali ditemui ketika musim hujan tiba.

Padahal sudah ada aturan hingga denda pidana, namun tetap saja ada pengguna sepeda motor yang berteduh di kolong jembatan. Bisa dikatakan jika regulasi tersebut tidak efektif karena terbukti dengan apa yang terlihat di jalan-jalan terutama dikolong jembatan. Entah hal itu semua karena kurangnya sosialisasi, tidak ada tindakan dari pihak berwajib atau memang sengaja diacuhkan.

Akan tetapi seharusnya pengguna kendaraan khususnya roda dua paham jika tindakan mereka dengan berhenti atau berteduh di kolong jembatan saat hujan membuat lalu lintas terganggu. Bahkan parahnya lagi, ada bahaya tersembunyi yang tidak disadari ketika berteduh di kolong jembatan.

Dikatakan oleh Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) Jusri Pulubihu jika berteduh di bawah jembatan sama saja bunuh diri. Dia mengatakan seperti itu karena ketika berteduh dibahu jalan ataupun ditengah jalan memungkinkan terjadinya kecelakaan besar yang mengancam nyawa.

Hujan
Copyright ©otomotifkompas

‘Jika kalian berteduh ditrowongan ataupun dibawah jembatan sama saja kalain bunuh diri. Berteduh di bahu jalan ataupun tengah jalan sama saja memungkinkan terjadinya kecelakaan yang besar’ ujarnya saat ditemui pada Jumat, 20 Oktober 2017.

Jusri menambahkan jika kecelakaan bisa saja terjadi karena disebabkan oleh pengendara lain yang tengah melaju dengan kendaraannya. Pengendara lain yang tidak sigap ketika berkendara karena gangguan hujan bisa saja menimbulkan kecelakaan.

Lebih parahnya lagi jika kecelakaan menimbulkan konflik dengan memperdebatkan siapa yang salah. Konflik tentunnya muncul dengan mempertanyakan siapa yang salah yakni si penabrak atau yang ditabrak kerena berteduh di bawah sembarangan tempat.

Menurut Jusri berteduh sembarangan saat hujan selain mebahayakan diri sendiri juga dapat membahayakan pengguna kendaraan lainnya. ‘Selain membahayakan diri sendiri berteduh tanpa memilih tempat yang tepat dan aman juga dapat membahayakan pengguna jalan lainnnya’ ujarnya.

Sementara itu penanganan menurut pria ini harus cepat dilakukan apalagi saat ini sudah memasuki musim penghujan. Jusri mengharapkan ada tindakan tegas dari pihak berwenang guna menertibkan pengguna jalan yang berteduh sembarangan sebelum terlambat. ‘Ibarat memadamkan api yang sudah merambat, jadi sudah terlambat. Jangan seperti itu dan segera lakukan jangan tunggu kejadian baru bertindak’ tutupnya.

Baca juga : Saatnya Menanti Indahnya Hujan Meteor Orinoid di Langit!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here