Hasil Survey Sebut Elektabiilitas Jokowi Meningkat, Sedangkan Prabowo Menurun!

0
1476
Jokowi dan Prabowo
Copyright ©Antara

Hasil Survey Sebut Elektabiilitas Jokowi Meningkat, Sedangkan Prabowo Menurun!

Indowarta.com – Dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019, pilihan masyarakat masih tetap berpusat kepada dua nama. Mereka adalah Joko Widodo (Jokowi) sebagai petahana dan Katua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

BACA JUGA : Respon PDIP Soal Ambisi Prabowo Nyapres!

Walau begitu, dalam kecenderungan terakhir menyatakan kalau elektabilitas Jokowi semakin mengalami peningkatan, sedangkan elektabilitas dari Prabowo sendiri terlihat mengalami penurunan.

Terkait dengan itu, terlihat dari survei yang sudah dilakukan oleh Litbang Kompas pada 26 September-8 Oktober 2017. Dalam servei ini telah memberikan pertanyaan kepada para responden, apabila Pilpres 2019 dilakukan sekarang, siapa yang akan mereka pilih?

WAJIB BACA :  Kriteria Cawapres Paling Cocok Untuk Dampingi Jokowi!

Dari servei tersebut menyatakan kalau elektabilitas Jokowi mencapai 46,3 persen. Sedangkan responden yang telah memilih Prabowo mencapai 18,2 persen. Sehingga dengan ini, menunjukkan kalau sebagian besar responden memilih Jokowi untuk melanjutkan masa kepemimpinannya pada periode kedua.

Jokowi dan prabowo,
Copyright ©merdeka

Jika dibandingkan dengan survei yang dilakukan Litbang Kompas pada April 2017 lalu, elektabilitas Jokowi mengalami kenaikan, pasalnya dalam survei tersebut responden yang telah menyatakan memilih matan Gubernur DKI Jakarta ini sebesar 41,6 responden.

BACA JUGA : Anies Baswedan Pamer Foto Pantau Banjir Lewat CCTV, Staff Ahok Malah Beberkan Hal Mengejutkan Ini!

Kepuasan para responden dengan pemerintahan yang di pimpin Jokowi dan Jusuf Kalla (JK) ini menjadi faktor kenaikan dari elektabilitas Jokowi. Pada April 2017 lalu, responden yang menyatakan puas dengan kinerja pemerintahan hanya sebesar 63,1 persen. Akan tetapi, sekarang ini angka tersebut mengalami kenaikan menjadi 70,8 persen.

WAJIB BACA :  Ketika Jokowi Panggil Anies Baswedan Dengan Sebutan Rekan!

Disamping itu, elektabilitas Prabowo telah mengalami penurunan. Hal ini terbukti pada April 2017 lalu, responden yang memilihnya sebesar 22,1 persen. Namun, sekarang ini eletabilitasnya mengalami penurunan menjadi 18,2 persen.

Sedangkan untuk calon lainnya yang sudah dipilih oleh para responden, mereka masih belum mendapatkan suara yang cukup signifika. Sedangkan, kepada para responden yang tidak menentukan pilihan mereka sekitar 23,6 persen.

Populasi survei ini merupakan seluruh warga Indonesia yang memiliki usia 17 tahun keatas atau sudah menikah. Menggunakan metode multistage random sampling atau pemilihan sampel acak bertahap. Sedangkan untuk jumlah sampel yang diambil mencapai 1200 responden dari 32 provinsi di Indonesia.

BACA JUGA : Elektabilitas Melempem, Realistiskah Ambisi Prabowo Jadi Presiden?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here