Keutamaan 10 Hari Kedua Di Bulan Ramadhan ‘Pengampunan’ !

0
5460
keutamaan 10 hari kedua

Keutamaan 10 Hari Kedua Di Bulan Ramadhan ‘Pengampunan’ !

Indowarta.com– Banyak umat Muslin di dunia yang masih belum mengetahui keutamaan 10 hari kedua di bulan Ramadhan ini. Nabi Muhammad SAW telah menginformasikan keutamaan 10 hari kedua di bulan Ramadhan ini agar kita mengejar ampupnan atau maghfiroh dari AllaH SWT.

Maghfiroh tersebut dinerikan khusus pada 10 hari kedua bulan Ramadhan untuk keselamatn orang yang berpuasa dari dosa yang telah dilakukannya. Maghfiroh ini sebagai bentuk rasa kasih sayang Allah SWT untuk hambanya.

Tanpa kita sadari, kita masih berada di dalam posisi yang salah dalam meletakkan diri. Seharusnya kita sadari bahwa kebahagiaan itu terdapat dari Allah SWT. Jika kita jauh dari Allah SWT, otomatis kita juga akan jauh dari kebahagiaan.

Surat Ali Imran ayat 133 menjelaskan “..dan bersegeralah kamu menuju ampunan (maghfiroh) Tuhanmu.” Namun yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya kita terbebas dari dosa yang telah kita lakukan? Bukankah kita menyadari bahwa dengan adanya kesalahan berbuat dosa akan membuat hidup kita tidak tenteram?

keutamaan 10 hari kedua

Di saat menjalankan ibadah puasa itulah sebaiknya kita memohon ampunan (istigfar) dengan sungguh-sungguh atas kesalahan yang telah kita lakukan agar Allah SWT mengampuni dosa yang telah kita perbuat.

Rosulullah SWA bersabda “Ikutilah segera perbuatan dosamu dengan perbuatan baik, niscaya perbuatan baik akan menghapus perbuatan dosamu. Bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang mulia.”. yang perlu di ingat adalah makna menghapus disini tidak dengan serta menghilangkan dosa kita tanpa bekas.

Malaikat Roqib dan Atid memerlukan catatan amal sebagai laporan sejarah perjalanan hidup manusia. Kemudian laporan tersebut akan disampaikan kepada Allah SWT pada saat yaumul mizan atau hari penimbangan amal.

Apabila bobot amal shalih (kebaikan) melebiihi kadar keburukannya, maka sang pendosa tersebut akan dihapuskan dari dosa dan juga kesalahan yang telah dia perbuat.

Selanjutnya yang perlu kita ketahui, menurut Imam Al Ghozali makna istighfar adalah bukan sekedar berarti “Maha Pengampunan Dosa”. Sedangkan makna aslinya adalah Maha Menutupi.

baca juga :

Keutamaan 10 Hari Pertama Di Bulan Ramadhan yang Musti Kamu Ketahui !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here