‘Kekuatan’ Santri Akan Warnai Panggung Politik Pilgub Jawa Timur!

0
336
Pilgub Jawa Timur
Copyright©duta

‘Kekuatan’ Santri Akan Warnai Panggung Politik Pilgub Jawa Timur!

Indowarta.com – Kali ini persaingan untuk menduduki kursi pimpinan Jawa Timur akan diwarnai persaingan tiga santri. Mereka akan bertarung dalam Pilgub Jawa Timur 2018 mendatang.

Mereka semua yakni pasangan bakal cagub dan cawagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Abdullah Azwar Anas yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan partai Demokrasi Perjuangan (PDIP). Sedangkan santri ketiga yang juga bakal ikut dalam Pilgub Jawa Timur yakni Khofifah Indar Parawansa yang saat ini dalam proses memilih pasangan.

Seperti diketahui Gus Ipul, Azwar Anas dan Khofifah besar dalam lingkungan Nahdatul Ulama (NU). Lingkungan NU sendiri notabennya merupakan kaum santri dan ketiganya pun juga tercatat pernah mengenyam pendidikan di pesantren.

Seperti Abdullah Azwar Anas yang merupakan lulusuan Pondok Pesantren Annuqoyah Sumenep. Kemudian Khofifah pernah menjadi santri di Pondok Pesatren Tambak Beras Jombang dan Gus Ipul tercatat pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Denanya, Jombang.

Pilgub Jawa Timur
Copyright©jowonews

Dipastikan tahun depan ketiga santri ini akan mewarnai pertarungan merebut suara terbanyak dalam Pilgub Jawa Timur. Seperti diketahui jika Provinsi Jawa Timur sendiri disebut sebagaai gudangnya pesantren. Lembaga Survei The Initiatif Institute meyebutkan karena merupakan basis pesantren, sebagian besar aliran politik warga Jatim ialah politik santri.

Survei pun dilakukan oleh lembaga survei tersebut dan melibatkan 1016 responden di 108 Desa dan Kleurahan Jatim tepatnya bulan September 2017 lalu. Dari hasil suvei itu menunjukan 72,8 persen politik santri, 16,8 persen politik nasionalis Soekarno dan sisanya merupakan poltik nasionalis Soeharto, Muhammadiyah dan Masyumi.

Mengneai hal ini juga diterangakan oleh CEO Lembaga Survei The Institute, Ailangga Pribadi. Dia mengatakan jika lembaganya juga melakukan survei terkait dengan kepanatsan latar belakang pasangan pemimpin Jawa Timur. Hasilnya yakni santri dengan santri 63,3 persen, santri dengan nasionalis 54,3 persen dan nasionalis dengan santri 52 persen.

Maka jika dilihat dari hasil survei itu, dominasi santri akan semakin kuat jika Khofifah memilih figur calon wakilnya dari latar belakang santri. Namun Menurut Airlangga hasil survei sendiri bukan berarti pasangan santri akan menang karena politik selalu dinamis.

Sementara itu Khofifah sendiri pernah menyebutkan jika pasagannya dalam Pilgub Jawa Timur akan berasal dari golongan nasionalis-santri. Pasangan Khofifah ini rencananya akan dirilis tanggal 15 November 2017 dan saat ini masih digodok oleh tim 9 kyai.

Baca juga : Dilema PPP Usung Gus Ipul Atau Khofifah di Pilgub Jatim!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here