Berita Terkini: Terancam Kelaparan, Ribuan Korban Banjir Solok Butuh Bantuan !!

0
786
@Okezone.com

Berita Terkini: Terancam Kelaparan, Ribuan Korban Banjir Solok Butuh Bantuan !!

Indowarta.com– sekitar lebih dari dua ribu Jiwa membutuhkan bantuan karena Banjir Solok. Saat banjir, mereka tidak ada yang bisa menyelamatkan barang serta harta benda mereka kala banjir melanda di Solok Selatan.

Wali Nagari Pasar Muara Labuh, Rahman mengatakan bahwa korban banjir saat ini mendapatkan bantuan hanya di hari pertama kejadian yaitu sebanyak 300 Nasi Bungkus. Saat ini Warga Korban banjir terancam kelaparan karena tidak ada pasoka Logistik dan bantuan dari pemerintah.

Ia juga mengatakan bahwa kini warganya Solok banyak yang terancam Kelaparan. Untuk 300 Nasi pun sebenarnya tidaklah cukup untuk memenuhi Kebutuhan Korban yang jumlahnya lebih dari dua ribu jiwa.

Saat banjir datang, banyak sekali warga yang kehilangan Harta bendanya. Beras dan peralatan masak juga ikut hanyut. Dilansir juga sekitar 200 rumah banyak mengalami kerusakan. Sepertiga warganya juga terpaksa mengungsi dan bahkan baju mereka kering di badan.

Selain bantuan bahan pangan, mereka juga memerlukan bantuan yang lain seperti Selimut, Pakaian, Air bersih. Di wilayah tersebut, Air bersih belum bisa dikonsumsi lantaran semua saluran air terkena banjir. Pemerintah sebenarnya juga sudah membangun Dapur umum untuk kepentingan dan keperluan warga, namun hal itu tak sebanding dengan jumlah Korban.

Rahman juga mengatakan bahwa air memang sudah surut, namun masih was was dengan curah hujan yang masih amat tinggi.

banjir Solok

Pihak Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) juga mengaku sangat kewalahan dengan melayani korban banjir di dapur umum. Hal ini dikarenakan banyak pengungsi datang untuk meminta bantuan

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Solok Selatan, Zulkarnaini menjelaskan pihaknya telah mendirikan tiga titik dapur umum. Namun meski ada tiga dapur umum, tidak bisa melayani semuanya.

Selain dapur umum Dinsos dan BPBD Kabupaten Solok Selatan juga telah mempersiapkan 100 tenda pengungsian. Hanya saja warga lebih banyak memilih ingin bertahan di rumah untuk menjaga sisa benda benda mereka.

baca juga : Berita Terkini: Bupati “Pembakar Patung Arjuna Adalah Pasukan Dorna” Siapa Itu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here