MUI Tegaskan Whiskey Berlabel Halal Adalah Hoax!

0
110
Whiskey berlebel halal
Copyright©merdeka

MUI Tegaskan Whiskey Berlabel Halal Adalah Hoax!

Indowarta.com – Beberapa waktu terakhir media sosial dihebohkan dengan munculnya foto Whiskey berlabel halal. Beredarnya foto inipun langsung diatanggapi oleh sejumlah pihak dan tentunya Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Koordinator Advokasi Badan Perlindungan Konsumen (BPKN), Rizal E Halim juga ikut memberikan tanggapannya. Pihaknya mendesak supaya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan MUI melakukan investigasi terkait dengan beredarnya informasi tersebut.

‘BPOM dan MUI harus segera melakuakn pengecekan terkait dengan kabar tersebut. Hal itu perlu karena minuman ini sendiri telah bertahun-tahun beredar di Indonesia‘ ujarnya saat ditemui di Depok beberapa waktu lalu.

Rizal menambahkan label halal yang ada di gambar Whiskey berlabel halal itu mirip dengan yang dikeluarkan oleh MUI. Maka dari itu pihaknya meminta pihak produsen minuman keras tersebut ditindak tergas jika informasi ini memang benar adanya.

Whiskey Halal
Copyright©detik

Menurutnya masyarakat ataupun konsumen harus diberikan perlindungan dalam memenuhi hak-hak mereka yang telah tercantum dalam UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen pasal 4 (c) hak atas mendapatkan informasi benar dan jujur. Selain itu pelaku usaha untuk memperdagangkan barang atau jasa yang tidak sesuai dengan kententuan dan standart tercantum dalam pasal 8 ayat 1 (a-i) UU 8/1999.

Akan tetapi jika berita yang beredar itu bohong atau hoax, maka pihak BPOM dan MUI wajib bekerjasama dengan kepolisan. Hal itu dilakukan guna melakukan investigasi dan menyampaikan hasilnya ke publik. Sedangkan menurut Rizal jika berita itu bohong, penyebarnya harus diberikan sanksi tegas.

‘Penyebar hoaks tersebut perlu diberikan peringatan ataupun hukuamn yang tegas’ ujar Rizal.

Sementara itu disisi lain gambar Whiskey berlabel halal itu dipastikan tidak benar alis hoax oleh Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Zainut Tauhid Saddi. Dia memastikan jika gambar botol minuman keras jenis ‘Whiskey’ dan anggur merah dengan label halal yang viral di dunia maya merupaan berita bohong.

Seperti diketahui jika MUI sendiri merupakan pihak yang berwenang menetapkan fatwa kehalaan sebuah produk dan Kementerian Agama malalui Badan Penyelenggaraan Jamianan Produk Halal (BPJPH) merupaan pihak yang mengatur administrasi sertifikasi halal. Sedangkan perusahaan minuman yang ada pada gambar yang viral tak pernah mendaftarkan proses sertifikasi ke LPOM MUI untuk diperiksa dan diaudit kehalalan produknya.

Dengan kasus ini, Zainut mengatakan MUI akan meminta aparat kepolisian menusut tuntas pemalsuan label halal pada produk minuman tersebut. Selain itu pihaknya juga meminta aparat kepolisian menindak tegas kepada pelaku dengan memberikan hukuman pidana.

Baca juga : Heboh Video Hot Aksi Biduan Goda Mempelai Lelaki Ini Di depan Istri!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here