Alasan Kenapa Zimbabwe Punya Menteri WhatsApp!

0
359
Kenapa WhatsApp Jadi Aplikasi yang Sangat Diharamkan?
Copyrigth©BBC

Alasan Kenapa Zimbabwe Punya Menteri WhatsApp!

Indowarta.com – Pembentukan Kementerian Keamanan Siber, Deteksi Ancaman dan Mitigasi sudah resmi dibentuk oleh Presiden Zimbabwe Robert Mugabe. Kali ini posisi tersebut telah diamanahkan kepada mantan Menteri Keuangan, Patrick Chinamasa.

BAC AJUGA : Hati Hati, Banyak Virus Baru yang Disebarkan Lewat Pesan WhatasApp, Jangan Buka Sembarangan Ya !

Pada awal pemerintahan yang dijalaninya, Chinamasa sudah menjadi sorotan tersendiri oleh para pengguna WhatsApp, pasalnya pada saat itu dia sudah membuat regulasi kontroversial kepada para pengguna media sosial itu.

Dilansir dari Kompas Tekno, Selasa (17/10/17), Chinamasa sudah mengharuskan kepada administrator grub WhatsApp untuk melakukan pendaftaran. Namun jika ada grub yang tidak melakukan pendaftaran maka akan dikenakan ancaman kriminalisasi.

Tak lama setelah itu, ada banyak respon mengenai kebijakan ini, yang salah satunya dari para netizen Zimbabwe, banyak dari netizen negara tersebut yang sudah membuat meme dan bagikan untuk menyindir adanya kebijakan tersebut. Salah satunya adalah dengan menyebutkan kalau Chinamasa diberi gelar “Menteri WhatsApp”.

Gelar menteri WhatsApp telah ditujukan Chinamas dari netizen Zimbabwe dikarenakan adanya kebujakan tersebut, yang dianggap seakan-akan orang yang memberikan aturan dan berhak mengatur pada pengguna WhatsApp.

Sedangkan pemerintah Zimbabwe menegaskan, adanya kebijakan yang dikeluarkan oleh seseorang yang di sebutkan sebangai menteri WhatsApp tersebut karena masih ada kasus kekerasan di media sosial, yang salah satunya adalah perundungan yang meningkat.

WhatsApp
Copyright©tribunj

Akan tetapi, sejumlah pengamat menilai kalau adanya kebijakan ini hanya bertujuan untuk menekankan adanya kritik dari warga Zimbabwe yang merupakan pengguna media sosial, yang salah satunya untuk dapat menyampaikan kritikan mengenai ketidakstabilan ekonomi yang tejadi di negara tersebut.

BACA JUGA “; Fitur Pantau Lokasi di WhatsApp Sudah Bisa Dipakai, Begini Caranya!

Belum lama ini, beredar sebuah foto yang menunjukkan antrean panjang di supermarket di Zimbabwe karena kekurangan stok sejumlah barang, hal itu bersamaan dengan habisnya stok bahan bakar yang terjadi di sejumlah stasiun.

Setelah tersebar,foto tersebut telah membuat kepanikan warga Zimbabwe. Dari kejadian ini, pemerintah negara tersebut sudah menyalahkan media sosial karena telah melakukan penyebaran kepanikan.

“Sosial media telah membuat kepanikan, menciptakan seolah ketidakstabilan ekonomi”, ujar juru bicara kepresidenan George Charamba.

Dia pun menilai, adanya ancaman yang terjadi didalam media sosial, merupakan salah satu bentuk ancaman yang dapat membahayakan sebuah negara.

“Ini merupakan agenda politik, agenda perubahan rezim”, jelas Chinamasa.

BACA JUGA : Awas, Kebiasaan Kamu Bisa Diketahui Orang Lain Lewat WhatsApp!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here