Berita Terkini : Inilah Dia, Karl Landsteiner Penemu Golongan Darah yang Nongkrong Di Halaman Depan Google Hari Ini !

0
908

Berita Terkini : Inilah Dia, Karl Landsteiner Penemu Golongan Darah yang Nongkrong Di Halaman Depan Google Hari Ini !

Indowarta.comKarl Landsteiner kini muncul dalam halaman depan Google. Namun bukan tanpa alasan google menampilkan landsteiner di tema doodlenya hari ini. Lalu siapakah Landsteiner?

Karl Landsteiner lahir di Wina pada tanggal 14 Juni 1868. Karl Landsteiner merupakan putra dari Leopold Landsteiner seorang dokter dari hukum dan pada masa itu ayahnya sangat terkenal sosoknya sebagai wartawan dan juga penerbit koran.

Namun ayahnya meninggal dunia ketika Karl sudah berusia enam tahun. Kemudian Karl dibesarkan oleh ibunya yaitu Fanny Hess. Karl tercata sebagai mahasiswa kedokteran di University of Vienna dan lulus pada tahun 1891. Setelah itu dia memulai penelitian biokimia.

Karl Landsteiner merupakan seorang ilmuwan Austria yang berhasil menemukan golongan darah manusia. Karena jasa Karl tersebut kita bisa mengetahuii golongan darah manusia yaitu O, A, B, AB.

Karl Landsteiner

Sejak masih menjadi pelajar dia sudah sangat suka dengan riset. Riset yang pertama kali dia publikasikan adalah mengenai pengaruh diet terhadap komposisi abu darah. Kemudian pada tahun 1922 Karl pindah ke Amerika Serikat dan dia menjadi peneliti senior di Rockefeller Institue of Medical Research.

Tidak hanya berhasil menemukan golongan darah manusia, Karl juga berhasil menemukan virus polio dan juga serum dalam darah. Penemuan Karl tersebut merupakan pertanda perkembangan baru di dunia kedokteran khususnya pada bidang transfusi darah untuk pasien kecelakaan atau kurang darah.

Karena jasanya dalam dunia kedokteran ini, Karl mendapatkan banyak penghargaan. Pada tahun 1926 Karl berhasil mendapatkan Aronzon Prize yakni sebuah penghargaan pada bidang Mikrobiologi. Setelah itu pada tahun 1930 Karl dianugerahi hadiah Nobel pada bidang kedokteran.

Karl Landsteiner meninggal dunia di usianya yang menginjak 75 tahun. Karl meninggal dunia pada tanggal 26 Juni 1943 di New York, Amerika Serikat. Selepas wafatnya Karl, pemerintah Austria memberikan penghargaan khusu dimana pemerintah Austria mematri sosok Karl ini dalam pecahan uang 1000 Schiling (mata uang Austria) pada tahun 1997. Tidak hanya itu, juga juga pernah di jadikan suatu gambar di perangko.

baca juga :

Menelisik Sosok Phoebe Snetsinger ‘Pengamat Burung’ Yang Jadi Google Doodle Hari Ini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here