Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar Simpati, Indosat dan XL yang Selalu Gagal!

0
496
Registrasi Kartu SIM
Copyright ©tribunbatam

Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar Simpati, Indosat dan XL yang Selalu Gagal!

Indowarta.com – Kementerian Komunikasi dan informatika mulai mewajibkan registrasi kartu SIM prabayar per tanggal 31 Oktober 2017. Registras ulang tersebut menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Akan tetapi masih saja ada yang gagal mendaftar meskipun sudah memasukkan NIK dan KK dengan benar. Melihat pendaftaran atau pendaftaran ulang menggunakan NIK dan nomor KK yang benar ternyata gagal, pengguna tidak perlu panik.

Pengguna akan diberikan solusi dan alternatif yang bisa ditempuh dengan mudah. Hal ini juga disamapilkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Dinas Kependudukan dan Kantor Catatan Sipil (Dukcapil) Zudan Arif Fakrulloh.

Hal pertama yang sebaiknya dicoba pengguna untuk registrasi kartu SIM prabayar miliknya yakni dengan mengualang pendaftaran melalu SMS ke 4444. ‘Sebanyak 261 juta penduduk Indoensia sudah tadi gital jadi kalau sudah tercantum NIK dan nomor KK tentunya tidak akan jadi masalah. Jika memang muncul masalah ulang pendaftaran dengan benar’ ujarnya saat ditemui pada Selasa, 31 Oktober 2017.

Registrasi Kartu SIM
Copyright ©jawapos

Salah satu trik yang mungkin bisa Anda lakukan ketika pendaftaran atau pendaftaran ulang gagal yakni dengan mengulanginya sebanyak 5 kali dengan mengirim data SMS ke 4444. Jika pengguna sudah mengulangi sebanyak 5 kali dan tetap gagal biasanya akan muncul pesan berisi tindakan selanjutnya yang mesti pengguna lakukan.

Pesan yang muncul pun beragam salah satunya kartu Anda disebutkan sudah aktif namun harus mengulangi proses pengiriman. Sebagai alternatfnya, Zudan menyarankan pengguna untuk langsung ke gerai milik operator. Disana pengguna bisa melakuan pendaftaran secara manual dengan mengisi surat pernyataan.

‘Jika berulang kali tetap gagal, bisa langsung ke gerai operator untuk mengisi surat pernyataan’ ujarnya.

Selaian melalui SMS, registrasi kartu SIM prabayar ini juga bsia dilakukan dengan cara lain. Operator telekomunikasi mulai dari Indosat, XL Axiata (XL), Telkomsel, Tri Indonesia (Tri) dan Smartfren bisa melakukan pendaftaran melalui situs resmi masnig-masing operator.

Selain itu Anda juga bisa mendatangi langsung gerai masing-masing operator. Jika sebelumnya pengguna sudah mendaftar melaui SMS tapi tetap saja salah, maka pihak gerai akan meminta pengguna mengisi formulir dan surat pernyataan untuk syarat mendaftar.

Baca juga : 1 Orang Boleh Regitrasi 3 Nomor Kartu Prabayar Via SMS!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here