Berita Terkini : KPK Ungkap Hasil Penyelidikan Kasus Sumber Waras Hari Ini !

0
1071
kasus Sumber Waras

Berita Terkini : KPK Ungkap Hasil Penyelidikan Kasus Sumber Waras Hari Ini !

Indowarta.com– Penyelidikan kasus Sumber Waras kini sudah rampung. Kesimpulan atas kasus tersebut bisa menjadi berita buruk untuk sejumlah pihak atau malah sebalinya. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengungkapkan hasil dari penyelidikan dugaan korupsi tersebut di DPR pada hari ini.

Ketua KPK Agus Rahardjo di Gedung KPK, Jakarta pada hari Senin 13 Juni 2016 mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa mengungkapkan sekarang, hasil tersebut akan diungkapkan besok (Selasa 14 Juni 2016) di DPR.

Agus Rahardjo menegaskan bahwa kesimpulan atas kasus ini masih belum tentu memenuhi harapan publik atas sejumlah pihak yang bersangkutan. Bisa saja tidak memenuhi harapan beberapa pihak, namun memenuhi harapan dari pihak  lain.

Beberapa waktu yang lalu KPK telah memulai penyelidikan terakait kasus Sumber Waras ini. KPK menduga adanya indikasi korupsi dalam pembelian lahan di Rumah Sakit Sumber Waras tersebut.

kasus Sumber Waras

Dugaan tersebut diperkuat dengan adanya hasil audit investigasi yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) khusus pengadaan lahan yang dimiliki Yayasan Kesehatan Sumber Waras itu. Pada audit investigasi tersebut, BPK telah menemukana adanya 6 penyimpangan, dimulai dari pembentukan harga sampai penyerahan hasil. Tidak ketinggalan juga mengenai indikasi adanya kerugian negara sebesar Rp 191 mililar dalam pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras tersebut.

DPRD DKI pun juga menilai adanya kejanggalan dalam pembelian lahan tersebut. Wakil ketua DPRD DKI yakni Abaraham Lunggana pun menegaskan bahwa pemelian lahan tersebut awalnya tidak termuat dalam KUA-PPAS. Yang mereka curigai adalah pengadaan tersebut dengan sengaja diselipkan tanpa sepengetahuan dari DPRD DKI.

Hal tersebut juga diperkuat dengan sikap Kemeterian Dalam Negeri. Direktur Jenderal Keuangan Kemendagri telah menerbitkan surat di tanggal 24 Desember 2014. Surat tersebut ditujukan untuk Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Di dalam surat tersebut, Dirjen Keuangan Kemendagri meminta agar Ahok mengevaluasi kembali mengenai rekening 1.02.001.03.613.5.2.3.01 untuk belanja Modal Pengadaan Tanah.

baca juga :

Berita Terkini : Massa Demonstran FBR Dan AMJU Seruduk Gedung KPK Minta Ahok Ditangkap Dalam Kasus RS Sumber Waras !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here