Tes CPNS Pakai Komputer, Masih Ada Calo?

0
224
Tes CPNS
Copyright ©news

Tes CPNS Pakai Komputer, Masih Ada Calo?

Indowarta.com – Lowongan pekerjaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2017 sebelumnya telah dibukakan oleh pemerintah. Berbagai instansi keemnetrian dan lembaga mengadakan tes CPNS tahun ini.

Dalam pelaksanaannya, tahun ini menggunakan Computer Assited test (CAT) atau dilakuan dengan sistem online menggunakan komputer. Tapi meskipun begitu masih saja ada orang yang masih percaya dengan calo.

Mengenai hal ini juga dikatakan oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Infoermasi Publik Kemenntrian PAN-RB, Herman Suryatman. Dia menurturkan meskipun pelaksanaan tes CPNS telah menggunakan sistem modern, ternyata masih ada juga orang yang percaya dengan jalan pintas.

Masih ada saja yang percaya jika mereka akan jadi pegawai negeri sipil (PNS) dengan meneytorkan sejumah uang ke perantara atau calo. Menurut Herman, Hal tersebut terjadi karena banyak oknum-oknum nakal yang berusaha mencari keuntungan pribadi. Mereka para calo memberikan iming-iming untuk menjadi CPNS dengan meminta uang kepada calon pelamar.

Tes CPNS
Copyright ©hatanews

‘Jadi memang ada oknum-oknum mulai dari masyarakat, pegawai, aparat dan calo ini akan bisa jadi dari berbagai kalangan. Itu kan diluar dari jangkauan kita, oknum seperti itu akan menjanjikan kepada si pelamar dan sebelumnya akan meminta sejumlah uang terlebih dahulu’ ujar Herman saat ditemui di Jakarta pada Sabtu, 4 November 2017.

Menurut Herman, kejadian seperti itu bukan hanya terjadi di perkotaan, namun juga banyak terjadi di daerah-daerah. Hal tersebut dikatakan karena menurutnya masih ada banyak orang di daerah yang belum mengerti pelaksanaan seleksi CPNS. Akhirnya mereka memilih jalan pintas yakni dengan membayar calo untuk membantunya.

‘Tak hanya disini, di daerah-daerah, kampung-kampun juga ada. Masyarakat mungkin banyak yang belum paham sehingga dengan mudahnya dipengaruhi iming-iming dari calo, apalagi iming-imingnya tanpa tes bisa lulus’ sambungnya.

Dengan isu ini, Herman memastikan jika pelaksaan tes CPNS tahun 2017 tak ada yang namanya calo. Pelaksanaan seleki menjadi aparatur sipil negara dipastikan berjalan terbuka dan transparan. Dengan itu tak ada oknum-oknum yang bisa melakukan kecurangan dalam seleksi CPNS. Hasil dari seleksi sendiri juga dapat dimonitor atau diawasi oleh seluruh pelamar.

Baca juga : Jawaban Kemenkeu Saat Dituding Curang dalam Seleksi CPNS 2017!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here