Berita Terkini : Air Asia Dilarang Terbang, Karena Masih dalam Tahap Percobaan !

0
1002
AirAsia

Berita Terkini : Air Asia Dilarang Terbang, Karena Masih dalam Tahap Percobaan !

Indowarta.com- Maskapai penerbangan Indonesia AirAsia telah memberikan penjelasan terkait dengan hasil pemeriksaan uji kelayakan uji kelayakan atau ramp check oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, salah satu pesawat Indonesia AirAsia Airbus 320-200 dinyatakan telah mengalami masalah pada air trafic service unit (ATSU) sehingga masih dilarang terbang.

Head of Corporate Secretary and Communications AirAsia Indonesia yakni Baskoro Adiwiyono melalui siaran pers mengatakan bahwa pihaknya masih ingin menegaskan bahwa pesawat tersebut memang tengah berada dalam rangkaian proses perawatan.

Selain itu Baskoro menyebutkan bahwa pesawat yang dimaksud oleh Kemenhub tersebut kini juga dalam pangawasan tim maintenance Indonesia AirAsia. Semua yang dilakukan juga sudah sesuai dengan panduan yang diberikan oleh pihak pabrikan pesawat.

Bahkan perawatan pesawat tersebut juga sudah mendapatkan perawatan dari Kemenhub. Otorias penerbangan Indonesia itu pula yang memantau secara berkala mengenai perawatan pesawat tersebut.

AirAsia

Indonesia AirAsia sendiri juga telah menyatakan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen untuk kelancaran dan juga keselamatan penerbangan serta kenyamanan sang penumpang. Terlebih lagi pada saat arus mudik nanti, penumpang pesawat pasti akan mengalami kenaikan.

Pada sebelumnya Kemenhub sudah melakukan pemeriksaan uji kalaikan atau yang disebut dengan ramp check terhadap 253 pesawat sampai minggu lalu. Pemeriksaan tersebut dilakukan dalam rangka mempersiapkan angkutan mudik hari raya Idul Fitri tahun 2016 ini.

Menurut Direktur Kelayakan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara yakni Muhammad Alwi, Kementerian Perhubungan telah berhasil menemukan beberapa temuan yang tidak bisa di tolerir lagi. karena hal tersebut, 3 pesawat telah dilarang melakukan penerbangan. Ketiga pesawat tersebut yang dilarang melakukan penerbangan adalah B737-300 milik Express Air, Airbus 320-200 mlilik Indonesia AirAsia, dan yang terakhir adalah B737-300 milik Sriwijaya Air.

Sebenarnya uji kelayakan ini secara rutin dilakukan setiap 3 bulan sekali. Namun menjelang mudik lebaran ini, Kemenhub kemabali melakukan pemeriksaan. Namun pemeriksaan kali ini tidak menggunakan teknik sampling tapi menyeluruh.

baca juga :

Berita Terkini : Terminal 3 Ultimate Di Klaim Akan Mampu Urai Kepadatan Penumpang Di Bandara Soekarno Hatta !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here