Fadli Zon Akan Bicarakan Soal Pemberantasan Korupsi Oleh Parlemen di Austria!

0
326
Fadli Zon
Copyright ©tribunwow

Fadli Zon Akan Bicarakan Soal Pemberantasan Korupsi Oleh Parlemen di Austria!

Indowarta.com – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon diundang untuk berbicara sebagai Presiden Organisasi Parlemen Antikorupsi Sedunia atau Chairman on Global Organization of Paliamentarians Agains Corruption (GOPAC). Fadli berbicara mengenai peran parlemen dalama pemberantasan korupsi di Wina, Austria.

Konferensi ini sendiri merupakan salah satu konferensi dari negara UNPAC (United Nation Convention Against Corruption). Konferensi ini adalah acara lembaga dunia yakni Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengenai Antikorupsi.

Menurut Fadli, parlemen menjadi bagian penting dalam upaya pemberantasan korupsi. ‘Parlemen menjadi bagian penting dalam pemberantasan korupsi. Kita ada forum untuk menyampaikan dan di parlemen itu saya memberikan speech pencegahan dan pemberantasan korupsi’ ujarnya saat di Wina Austria pada Selasa,7 November 2017.

Dalam acara itu nanti Fadli Zon mengatakan tak akan menyangkutkan parlemen antikorupsi di Indonesia. Dia tidak akan berbicara secara khusus mengenai fungsi parlemen Indonesia dalam upaya pembarantasan korupsi.

Fadli Zon
Copyright ©republika

Pembicaraan yang akan dikeluarkan Fadli yakni mengenai langkah dan hasil pembicaraan GOPAC. Pembicaraan itu mebahas mulai dari Jogja Declarations serta terkait dengan handlook parliamentarians sebagai alat pencegah dan pemberantasan korupsi khsusunya parlemen.

Cukup diketahui, sekitara kurang lebih 60 anggota parlemen Indonesia yang masuk anggota GOPAC. Kemudian ada sekitar 106 negara yang juga ikut organisasi ini dan anggota secara keseluruhan mencapai 2 ribu anggota.

‘Hingga sekarang anggota mencapai 2 ribu dan itu mencakup anggota parlemen dan mantan anggota parlemen’ ujar Fadli

Sementara itu Fadli Zon dijadwalkan akan menjadi pembicara di acara ini pada Kamis besok, 9 November 2017. Diketahui dalam sesi ketujuh konferensi Negara pihak Konverensi PBB tentang Antikoupsi akan ada 48 sesi. Semua sesi itu akan diadakan di Vienna International Centre mulai dari tanggal 6 hingga 10 November 2017 mendatang.

Sebelumnya Fadli pernah mengungkapkan jika parlemen juga berandil besar dalam memberantas aktivitas korupsi yang dilakukan secara sistematis mulai dari tahap pencegahan hingga penindakan. Menurutnya GOPAC mendorong semua pihak untuk bersatu melawan korupsi dan optimalissi ketiga fungsi parlemen sendiri ialah legislasi, pengawasan serta korntrol anggaran sangat vital bagi parlemen untuk melawan korupsi.

Baca juga : Fadli Zon Tega Beri Nilai 5 Untuk Kinerja Jokowi Selama Tiga Tahun!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here