Kemendikbud Buka Suara Soal Penganiayaan Brutal yang dilakukan Siswa Karena Ejekan!

0
306
Kemendikbud
Copyright ©sindonews

Kemendikbud Buka Suara Soal Penganiayaan Brutal yang dilakukan Siswa Karena Ejekan!

Indowarta.com – Kasus pemukulan secara brutal terhadap seorang siswa di dalam kelas langsung mendapat tanggapan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kemendikbud kali ini tengah melakukan investigasi terkait kasus tersebut.

Diketahui jika kasus pemukulan brutal seorang siswa itu terjadi di sebuah SMK di Pontianak, Kaimantan Barat. Dari hasil investigasi sendiri diketahui pemukulan tersebut bukan dilakukan oleh guru atau pun orang tua siswa.

Hal ini dijelaskan langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Hamid Muhammad. Dia mengatakan jika pemukulan terhadap siswa di dalam kelas ini dilakukan oleh sesama siswa atau teman korban sendiri. Peristiwa tersebut terjadi tepatnya di SMK Bina Utama, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

‘Itu bukan kekarasan guru atau orang tua ke siswa, melainkan antara siswa. Badan siswa yang memukul terlihat besar dan siswa itu kelihatan seperti orang tua’ ujarnya melalui keterangan tertulis pada Selasa, 7 November 2017.

Kemendikbud
Copyright ©sindonews

Dari informasi yang didapat pertengkaran antara dua siswa di kelas 10 itu dipicu karena saling ejek. Karena merasa kesal, siswa yang diejek memukuli siswa lain secara brutal untuk melampiaskan kemarahannya. Pada saat itu pula sejumlah teman lain merekam aksi pertengkaran tersebut.

‘Kejadian pertengakaran di dalam kelas 10. Seorang siswa memukuli teman sekelasnya karena diejek, dia mengamuk dan memukul siapa saja. Kejadian itu direkam oleh temannya yang lain dan video pertengkaran itu langsung menjadi viral’ jelas Hamid.

Lantas Kemendikbud pun melakukan investigasi peristiwa yang terjadi pada Kamis, 2 November 2017 itu. Investigasi dilakukan bersama Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Tim sendiri lalu melakukan klarifikasi ke sejumlah pihak terkait. Klarifikasi dilakukan kepada Dinas Pendidikan Provinsi, KPAI Daerah, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Polres, Kepala SMK Bina Utama, dan semua siswa yang terlibat.

Sementara itu kasus pemukulan secara brutal ini menjadi viral setelah tersebar luas di media sosial. Terlihat dalam rekaman video itu pemukulan dilakukan seorang siswa dengan brutal. Untuk menghindari kekerasan didunia pendidikan, Kemendikbud telah mengeluarkan Perantran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

Baca juga : Beredarnya Video Hot Guru Lakukan Perbuatan Senonoh di Ruang kelas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here