Berita Terkini : Pemerintah Akan Cairkan Dana THR PNS Satu Minggu Jelang Lebaran !

    0
    1129
    THR PNS

    Berita Terkini : Pemerintah Akan Cairkan Dana THR PNS Satu Minggu Jelang Lebaran !

    Indowarta.com– Pemerntah telah memastikan THR PNS bisa cair seminggu sebelum lebaran tiba. Pernyataan tersebut telah dilontarkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yakni Yuddy Chrisnandi pada saat berkunjung ke Banten pada hari Selasa 14 Juni 2016.

    Yuddy Chrisnandi mengatakan bahwa dirinya sudah menerima surat dari Mensesneg. Presiden Jokowi sudah menyetujui usulan Yuddy untuk mengeluarkan THR PNS sepekan sebelum menjelang hari raya. Selasa pagi Perpres tersebut sudah diajukan. Besaran THR sendiri akan setara dengan gaji pokok.

    Sedangkan untuk gaji ke 13, Yuddy mengatkan bahwa gaji tersebut akan cair pada sepekan setelah lebaran. Yuddy berharap agar gaji ke 13 ini bisa digunakan untuk keperluan sekolah anak-anak PNS. Jika keduanya diberikan secara sekalligus yaitu sepekan sebelum lebaran, dikhawatirkan jika uang tersebut akan langsung habis, sehingga untuk keperluan yang lain akan terbengkalai.

    THR PNS

    Untuk pertama kali ini PNS mendapatkan dua tunjangan dalam setahun. Tunjangan tersebut adalah gaji ke 13 dan THR yang disebut juga dengan gaji ke 14. Aturan ini memungkinkan setelah Kemenpan RB membuat Peraturan Pemerintah dan telah disetujui oleh Presiden Jokowi.

    Di dalam aturan tersebut telah disebutkan bahwa besaran THR atau gaji ke 14 ini akan lebih kecil dari gaji ke 13 karena setara dengan satu kali gaji poikok. Sedangkan untuk gaji ke 13 ini akan lebih besar karena meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan dan juga penghasilan PNS yang biasa diterima oleh PNS pada setiap bulannya.

    Terkait dengan gaji ke 13 dan ke 14 yang tidak akan dibayarkan secara bersamaan, hal ini dimaksudkan agar PNS tidak konsumtif pada lebaran nanti. Hal itu juga dibenarkan oleh Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Setiawan Wangsaatmadja. Setiawan menyebutkan bahwa pembayaran gaji ke 13 dan ke 14 tidak bisa diberikan secara bersamaan dikarenakan kondisi keuangan negara.

    baca juga :

    Berita Terkini : Pangkas PNS Berarti Sama Dengan Meringankan APBN !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here