Gempa Sebesar 5 SR Guncang Bali, Getaran Terasa Sampai Karangasem Hingga Kuta!

0
154
Gempa 10 Februari
Copyrihgt©Global - Liputan6.com

Gempa Sebesar 5 SR Guncang Bali, Getaran Terasa Sampai Karangasem Hingga Kuta!

Indowarta.com – Gempa bumi berkekuatan 5 Skala Richter (SR) kembali mengguncang wilayah Bali. Gempa Bali ini terjadi di sejumlah wilayah mulai dari Karangasem hingga Kuta.

Mengenai gempa ini juga disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Gempa in terjadi pada Kamis, 9 November 2017 dini hari sekitar pukul 04.54 WIB. Pusat gempa sendiri berada di 11 kilometer Timur Laut Karangasem dengan kedalaman 10 kilometer.

Sedangkan titik gempa ini berada di 8.26 Lintang Selatan (LS) da 115.57 Bujur Timur (BT). Mengenai getaran yanag diakibatkan gempa Bali ini juga dijelaskan oleh oleh Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, M Riyadi. Dia mengatakan jika pusta getaran berada di darat pada jarak 5 kilometer arah Selatan Kubu, Kabupaten Karangasem.

Baca juga : Suasana Terkini Usai Gempa Sebanyak 5 Kali Guncang Ambon!

Riyadi menambahka jika gempa dapat dilihat di peta shakemap BMKG dan guncangan sendiri dirasakan mulai dari daerah Denpasar, Karangasem, Kuta hingga Mataram. ‘Dampak gempa ini bisa dilihat melalui shakemap (Peta tingkat guncangan) BMKG. Hasil laporan masyarakat pun menunjukan jika gempa dirasakan di daerah Denpasar, Karangasem hingga Mataram (III MMI) dan Kuta (II-III-MMI)’ ujarnya melalui keterangan tertulis.

gempa bali
Copyright©okezone

Menurutnya gempa ini merupakan jenis gempa dangkal akibat sesar lokal, hal tersebut dapat dilihat dari kedalaman hiposenternya. Pernyataan ini pun juga sesuai dengan analisis BMKG yakni menunjukan jika gempa di loksi tersebut dikaitakan oleh sesar mendatar atau strike slip fault.

Selain itu Riyadi juga menghimbau supaya masyarakat Bali dan sekitarnya untuk tetap tenang. ‘Masyarakat wilayah Kabupaten Karangsem kami harapkan supaya tetap tenang. Kami menghimbau agar masyarakat tidak terpengaruh dengan isu yang belum tentu kebenarannya’ ujarnya.

Sementara itu gempa Bali ini diketahui terjadi cukup singkat yakni sekitar 5 hingga 10 detik. Pusat Pengendali Operasi Badan Penanggulangan bencana Daerah Provinsi Bali mengaku belum menerima adanya informasi korban jiwa ataupun kerusakan infrastruktur yang disebabkan getaran tersebut. Selain itu BMKG pun juga menyampaikan jika gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Baca juga : Sejarah Panjang Gempa di Megathrust Mentawai!

Hingga kini belum ada informasi kondisi wilayah di Bali yang mersakan getaran akibat gempa ini. Selain itu belum ada laporan terkait dengan dampak yang diakibatkan oleh gempa.

Baca juga : Ketika Ambon Diguncang Gempa Lagi Sampai Pekerja Berhamburan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here