Berita Terkini : Presiden Jokowi Ajukan Nama Tito Karnavian Sebgai Calon Tunggal Kapolri Ke DPR !

0
1044
calon kapolri

Berita Terkini : Presiden Jokowi Ajukan Nama Tito Karnavian Sebgai Calon Tunggal Kapolri Ke DPR !

Indowarta,com– Ketua DPRD Ade Komarudin (Akom) menyatakan bahwa presiden Jokowi telah mengajukan satu nama calon pengganti Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Akom mengatakan bahwa Presiden Joko Wudodo melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) telah memilih satu Kepala Badan Nasoinal Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Tito Karnavian melalui surat yang telah diberikan kepada DPR.

Pada saat melakukan sidak di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat pada hari Rabu 15 Juni 2016, Akom mengatakan bahwa Mensesneg Mengerti Sekretaris Negara telah menyampaikan surat kepada dewan. Surat tersebut berisikan tentang presiden meminta pencalonan Komjen Tito Karnavian sebagai salah satu calon Kapolri yang akan menggantikan Jenderal Badrodin Haiti.

Politikus yang berasal dari partai Golkar ini menjelaskan bahwa DPR akan segera memproses nama yang telah diajukan oleh Presiden Joko Widodo tersebut. Rencananya besok akan diadakan rapat pimpinan dan menyampaikan pencalonan Komjen Tito.

calon kapolri

Sebelum melakukan sidak ke stasiun Gambir, Mensesneg, Pimpinan, beserta Badan Musyawarah, disampaikan ke Paripurna, Pencalonan Kapolri sudah ada. Setelah itu akan diproses oleh Komisi II guna Fit and Proper test.

Pimpinan DPR telah melakukan komunikasi mengenai hal ini kepada Komisi II. Hingga saat ini DPR masih menunggu keputusan sesuai dengan hasil Badan Musyawarah.

Akom mengatakan bahwa dirinya sudah berkomunikasi dengan Ketua Komisi III mengenai hal tersebut. Kini pihaknya menunggu hasil dari Badan Musyawarah atau rapat fraksi pengganti dari Bamus. Hal tersebut mungkin bisa dilakukan pada tanggal 22 Juni nanti.

Proses penggantian Kapolri yang dilakukan Presiden Joko Widodo berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002 mengenai Kepolisian RI. Juru bicara Kepresidenan Johan Budi SP mengatakan bahwa penunjukan jabatan Kapolri tersebut merupakan hak prerogatif untuk Presiden Joko Widodo. Joko Widodo sendiri juga sudah meminta pertimbangan dari beberapa pihak sebelum memutuskan untuk mengajukan nama Tito Karnavian sebagai calon Kapolri pengganti Jendera Badrodin Haiti.

baca juga :

Berita Terkini : Pemerintah AkaBerita Terkini : Pemerintah Akan Cairkan Dana THR PNS Satu Minggu Jelang Lebaran !n Cairkan Dana THR PNS Satu Minggu Jelang Leng Lebaran !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here