Mengenang Sejarah dan Makna Hari Pahlawan 10 November!

    0
    415
    Hari Pahlawan
    Copyright©indoberita

    Mengenang Sejarah dan Makna Hari Pahlawan 10 November!

    Indowarta.com – Pada 10 November bangsa Indonesia telah memperingatinya sebagai Hari Pahlawan. Mungkin tidak sedikit yang masih belum mengerti kenapa penetapan ini jatuh pada tanggal tersebut dan apa latar belakangannya.

    BACA JUGA : Hari Pahlawan 10 November, Veteran Gratis Naik Kereta Api!

    Dalam Hari Pahlawan ini tentunya untuk mengenang jasa para pahlawan yang sudah rela mengorbankan jiwa, raga, dan hartanya untuk dapat memperjuangkan serta mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.

    Latar Belakang Penetapan Hari Pahlawan

    Yang menjadi latar belakang 10 November menjadi peringatan Hari Pahlawan adalah adanya sebuah peristiwa pertempuran yang cukup hebat di Surabaya oleh arek-arek Suroboyo, pada saat itu melawan NICA yang memboncengi Belanda.

    Sehingga, mantan tertinggi gerakan Pemuda Republik Indinesia (PRI) Sumarsono yang juga turut serta ambil bagian dalam peperangan tersebut telah memberikan usulan kepada Presiden Soekarno, untuk menetapkan 10 November sebagai Hari Pahlawan.

    Peristiwa pertempuran yang terjadi di Surabaya tersebut menjadi legitimasi peran militer untuk dapat memperjuangkan merebut kemerdekaan. Sehingga nilai pahlawan telah terkandung didalam sebuah perjuangan melawan agresi militer. Serta untuk dapat memobilisasi kepahlawanan secara militeristik, sehingga 10 November dijadikan sebagai peringatan Hari Pahlawan.

    Hari Pahlawan
    Copyright©liputan6

    Makna Arti Hari Pahlawan

    Ada buah kata yang terkenal, yaitu sebuah bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Serta bangsa yang tidak memiliki pahlawan sama halnya dengan bangsa yang tidak memiliki sebuah kebanggan.

    BACA JUGA : Kumpulan Kata Kata Mutiara Sambut Hari Pahlawan 10 November!

    Sehingga sudah sepatutnya setiap bangsa memiliki tokok yang disebut sebagai pahlawan. Seorang pahlawan akan sangat penting karena dia akan menjadi motivasi dan inspirasi agar dapat memperbaiki kondisi bangsa. Dan memotivasi agar bangsa ini terus bangkit serta menjadi sebuah bangsa yang dapat di banggakan.

    Mengapa pada 10 November menjadi Hari Pahlawan karena pada saat itu para pejuang bangsa dengan gagah berani dan bermodalkan bambu runcing melakukan pertempuran untuk melawan tentara Inggris di Surabaya.

    Padahal pada pertempuran itu, para pahlawan hanya membawa beberapa senjata api, sedangkan sisanya hanya membawa bambu runcing. Akan tetapi, mereka tidak pernah gentar untuk melawan penjajah.

    BACA JUGA : Ditjen Pajak Bakal Seldiki Orang Penting Indonesia yang Masuk daftar Paradise Paper!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here