Protes UMP, Buruh Gelar Aksi ke Balai Kota dan Istana Hari Ini!

0
372
Aksi Unjuk Rasa Buruh
Copyright ©Kompas

Protes UMP, Buruh Gelar Aksi ke Balai Kota dan Istana Hari Ini!

Indowarta.com – Kofederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang terdiri dari sejumlah elemen buruh telah bersiap untuk menggelar aksi unjuk rasa, rencananya mereka akan mengelarnya di Balai Kota DKI Jakarta dan Istana Kepresidenan.

BACA JUGA : JK Tantang Anies Baswedan Cari Solusi Soal Reklamasi!

“Sedang persiapan, sekarang posisi masih di kawasan industri,” ungkap Ketua Departemen Komunikasi dan Media KSPI, Kahar S Cahyono, Jumat (10/11/2017).

Pihaknya mengatakan, elemen buruh yang bergabung dalam aksi unjuk rasa ini sekitar 20.000 orang. Dalam kesempatan ini mereka akan menyampaikan orasinya di depan Balai Kota DKI Jakarta setelah itu menuju ke Istana Kepresidenan.

Sedangkan tuntutan dalam aksi yang digelar bertepatan dengan Hari Pahlawan ini diantaranya, mencabut mandat dari gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, karena sudah dianggap melakukan penerapan upah minimum yang tidak sesuai.

Selain itu, massa yang tergabung dalam aksi protes UMP ini juga menyatakan menolak upah minimum berdasarkan pada PP 78/2015 serta menuntut dilakukannya revisi. Mereka juga menuntut untuk menurunkan harga sembako, listrik, dan beberapa diantaranya.

“20.000 orang dari berbagai elemen buruh siap turun ke jalan hari ini,” ujar dia.

Aksi Unjuk Rasa Buruh.
Copyright ©pemeriksaanpajak

Lanjut Kahar, massa dalam aksi protes UMP ini dijadwalkan akan langsung berkumpul di depan Balai Kota DKi Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah itu, mereka akan melakukan longmarch menuju ke Istana Kepresidenan untuk menyampaikan sejumlah orasinya.

BACA JUGA : Polisi Temukan Kejanggalan Saat Dalami Proyek Reklamasi!

“Jam 10 sampai selesai di Balai Kota dulu, kemudian longmarch ke Istana Negara,” tuturnya..

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono menyatakan, pihaknya sudah mempersiapkan sekitar 15 ribu personel untuk mengamankan jalannya aksi protes UMP yang akan gelar KSPI.

“Jadi kesiapan pengamanan aksi buruh besok ada di sasarannya di istana, kami sudah membuat rencana pengamanan dan kami sudah ada sekitar 15 ribu lebih personel baik dari Polda maupun Mabes Polri,” kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Kamis (9/11).

Pengamanan ini, kata Argo, bertujuan agar aksi protes UMP tersebut dapat berjalan tertib dan tidak menganggu sejumlah aktivitas warga lainnya. Namun pihaknya masih belum memastikan apakah pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan atau tidak saat aksi itu digelar.

“Kami siapkan untuk mengamankan dan nanti kami juga terutama lalu lintas sudah siap. Rekayasa lalin (lalu lintas) tapi itu semuanya situsional,” pungkasnya.

BACA JUGA : Buruh Kecewa Anies Baswedan Sandiaga Uno Teken UMP DKI 2018 Sebesar Ro 3.6 Juta!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here