Sama sama Gunakan Enskripsi, Ini Beda Telegram dan WhatsApp!

0
249
Telegram
Copyright©gaptex

Sama sama Gunakan Enskripsi, Ini Beda Telegram dan WhatsApp!

Indowarta.comTelegram pada saat ini memang banyak digunakan karena telah dianggap mampu memberikan rasa aman bagi para penggunanya. Aplikasi yang merupakan buatan perusahaan asal Rusia itu memanglah dilengkapi dengan teknologi enkripsi yang telah membuatnya sulit untuk diretas.

BACA JUGA : Awas, Banyak Beredar WhatsApp Tiruan di Google Play Store!

Sebenarnya Telegram bukannya satu-satunya aplikasi yang telah menggunakan ankripsi. Ada aplikasi lain yang juga menggunakan enkripsi yaki Whatsapp. Memang bahwa Whatsapp dengan Telegram ini memiliki teknologi enkripsi. Walaupun begtu kedua aplikasi tersebut menggunakan teknologi yang berbeda.

Telegram telah menggunakan teknologi enkripsi yang merupakan buatan sendiri bernama MTProto yang telah dikerjakan secara langsung oleh Nikolai Durov yang merupakan pendiri Telegram. Teknologi ini berbasiskan enkripsi AES 256 bit, enkripsi RSA 2048 dan Diffie-Hellman.

Telegram
Copyright©okeinfo

Teknologi ini memanglah sangat dibanggakan oleh Telegram. Sampai-sampai Telegram ini telah menawarkan hadiah uang yang sangat besar bagi yang bisa membobol enkripsi tersebut.

Berbeda dari Telegram yang sudah dari awal menggunakan enkripsi, Whatsapp baru belakangan ini menggunakan layanan enkripsi tersebut. Whatsapp sendiri telah menggunakan layanan enkripsi dari perusahaan bernama Open Whisper System. Teknologi enkripsi yang digunakan di tiap layanan pun juga berbeda.

Untuk layanan pengiriman pesan, teknologi enkripsi yang telah digunakan bernama Signal Protocol dan layanan telepon menggunakan SRTP. Dengan teknologi enkripsi yang seperti itu Whatsapp telah mengklaim bahwa tidak bisa dekirpsi pesan yang sudah dienkripsi oleh sistem. Hal ini berarti bahwa Whatsapp ini tidak bisa membaca pesan yang telah ada.

Perusahaan keamanan yakni Fortinet sendiri telah mencatat beberapa kelebihan yang telah dimiliki oleh Whatsapp dari segi keamanan.  Yang pertama kali adalah tidak adanya pesan yang telah disimpan di server.

BACA JUGA : Konten Gif di WhatsApp Tiba Tiba Menghilang!

Memang semua pesan yang dikirim pengguna ini akan dialirkan melalui server Whatsapp. Namun pesan tersebut akan terhapus dari server setelah terkirim. Walaupun begitu, ada beberapa laporan yang telah menyebutkan bahwa Whatsapp ini pernah menyerahkan data percakapan ke pemerintah negara tertentu. Kelebihan yang lainnya adalah pesan yagn di bagian grup ini juga aman karena telah dienkripsi juga.

baca juga : 

Bersihkan Gif, WhatsApp Tak Jadi Kena Blokir!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here