Hati Hati, 5 Malware Ini Ancam Pengguna Mac di Dunia!

0
563
Malware Mac
Copyright©netralnews

Hati Hati, 5 Malware Ini Ancam Pengguna Mac di Dunia!

Indowarta.com – Memang tak bisa diragukan lagi, macOS atau sistem operasi (OS) buatan Apple ini memang menawarkan perlindungan keamanna yang lebih baik dibandingkan sistem operasi lainnya. Akan tetapi, macOS juga tidak kebal dengan ancaman malware mac.

Dikatakan oleh Firma keamanan, Avast jika perusahannya telah memblokir lebih dari 250 juta ancaman malware yang menargetkan pengguna mac sejak awal tahun tepatnya Januari 2017. Hal ini dikatakan langsung oleh senior manager produk Avast, Lukas Haisk.

‘MacOS memang baik, namun juga tak kebal dengan serangan malware‘ ujarnya pada Sabtu, 11 November 2017.

Lukas menuturkan jika seaman-amannya Mac, serangan malware yang dilancarkan oleh peretas macOS tercatat terus meningkat per tahunnya. Serangan malware mac ini semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya masyarakat di dunia yang menggunakan perangkat Mac.

Malware Mac
Copyright©nusantaranews

Malwarebytes menyebutkan, penyebar malware di mac pada tahun 2017 lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dengan itu maka tidak menutup kemungkinan macOS memiliki keretanan di firmware-nya juga. Kali ini terangkum kurang lebih 5 serangan serta penyebaran malware di macOS.

Berkut 5 malware yang mengancam pengguna macOS :

1. Adwere
Sering kali diaggap remeh, namun malware satu ini dapat memengaruhi sistem macOS dengan sejumlah cara. Salah satu caranya yakni memasukan file ‘jahat’ ke dalam jaringan serta menghilangkan penelusuran laman situs dan juga membanjiri perangkat dengan berbagai macam iklan.

2. Laman situs gelap
Dengan memanfaatkan kerentanan yang dimiliki peramban, peretas dapat mengirim spyware dan sofware berbahaya lain ke dalam perangkat pengguna. Akibatya situs berbahaya ini dapat menghadirkan malapetaka ketika muncul di laman web browser.

3. Trojan
Malware mac yang satu ini sering kali digunakan oleh ‘penjahat’ seiber untuk mendapatkan akses ke dalam sistem penggunaan dan mencuri data. Maka bisa dikatakan jika serangan malware satu ini sangat berbahaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here