Perbedaan Gejala Tipes dan DBD!

0
210
Nyamuk Demam Berdarah (1)
Copyright ©hijapedia

Perbedaan Gejala Tipes dan DBD!

Indowarta.comGejala tipes dan jgua DBD ini memangah memiliki gejala khas yang sama yakni demam yang sangat tinggi. Namun terdapat beberapa perbedaan gejala lain dianara kedua penyakit ini.

BACA JUGA : Berhubungan Badan Dibawah 18 Tahun, Dapat Berisiko Kanker Serviks!

Pada DBD, demam yang sangat tinggi bisa berlangsung sepanajng hari. Sementara itu pada gejala tipes demam yang muncul ini akan cenderung naik turun dan juga berpola waktunya. Biasanya demam tingi ini terjadi pada malam hari dan juga akan turun pada pagi harinya.

Pada DBD, akan muncul bintik merah di bagian bawah kulit yang telah terjadi akibat dari pendarahan dan bila ditekan bintik merah tersebut tidak akan pudar. Tidak hanya bintik merah saja, orang yang terkena DBD ini juga akan sering mengalami mimisan dan juga pendarahan ringan di gusi. Sementara itu pada gejala tipees, bintik merah yang muncul ini bukanlah pendarahan namun akibat dari infeksi bakteri Salmonella.

Demam Berdarah, Anak
Copyright©cloudinary

Penyakit DBD sendiri biasanya terjadi musiman, terutama pada saat musim penghujan di mana lingkungan yang lembap ini telah menjadi tempat yang sangat tepat untuk nyamuk bisa berkembang biak. Sementara itu pada tipes bukan merupakan penyakit yang musiman dan juga bisa terjadi sepanjang tahun jika tidak menjaga kebersihan lingungan dengan baik.

baca juga : 10 Tipe Orang yang Berisiko Tinggi Terkena Kanker Payudara!

Pada DBD biasanya akan menyebabkan nyeri otot, sendi, dan juga tulang. Nyeri ini biasanya akan mulai terasa setelah demam muncul. Tidak hanya itu saja, DBD ini juga akan memunculkan gejala sakit kepala parah, mual dan juga muntah.

Sementara itu gejala penyakit tipes ini adalah penyakit yang berkaitan dengan saluran pencernaan, sehinga gejala demam pasti dsertai dengan gejala sakit di saluran cerna seperti sakit perut, diare bahkan juga sembelit.

Pada DBD, syok atau kehilangan cairan yang parah ini memang cukup sering terjadi. Sementara itu pada tipes, umumnya tidak terjadi syok jika masih beum terjadi komplikasi. Salah satu yang paling mungkin terjadi pada DBD ini adalah kerusakan pembuluh darah yang akan bisa menyebabkan pendarahan.

baca juga : 

Gejala demam Berdarah Pada Anak yang Wajib Diketahui!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here