Gejala, Ciri-ciri dan Pengobatan Penyakit Tipes

0
328
Tipes
Copyright©petunjuksehat

Gejala, Ciri-ciri dan Pengobatan Penyakit Tipes

Indowarta.comTipes atau Demam Tifoid merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri Salmonela Tiphy. Bakteri ini biasanya menyebar melui makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Penyakit ini banyak diderita oleh masyarakat di sejumlah negara berkembang dan lebih sering menyerang anak-anak. Penyakit typus ini menjadi salah satu penyait berbahaya dan bisa menyebabkan kematian jika tidak segera ditanagani dengan cepat dan baik.

Penyakit typus ini juga sangat cepat menular yakni infeksi ini dapat terjadi jika seseorang yang telah mengkosumsi makanan atau minuman terkontaminasi dengan sejumlah kecil tinja yang terdapat bakteri di dalamnya. Meskipun jarang, namun tipes dapat menular jika seseoranag terkena urine dari orang yang telah terkena bakteri Salmonela typhi.

Peyebabnya sendiri karena bakteri Salmonella masuk ke dalam saluran usus melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi dan makanan itu telah terkontaminasi. Kemudian bateri yang ada akan berkembang biak di dalam usus, sehingga seseorang akan mengalami gejala penyakit typus mulai dari demam tinggi, sakit perut hingg sembelit.

Jika penyakit ini tidak segera diobati maka bakteri Salmonela typhi akan cepat menyebar ke seluruh tubuh melaui saluran pembuuh darah. Kondisi kesehatan tubuh pun akan menurun dan semakin memburuk karena bakteri telah menyebar ke luar tubuh. Lebih parahnya bakteri yang telah menyebar ke luar organ pencernaan bisa menyebabkan kerusakan organ hingga terjadinya komlikasi serius.

Meskipun sudah ditangani, penderita penyakit ini perlu waktu lama hingga bulanan sebelum tubuh penderita tipes kembali pulih secara maksimal. Sejumlah gejala penyakit types diantaranya demam tinggi, terasa sakit pada otot, sering sakit kepala, terjadi pembesaran organ ginjal, merasa lelah dan lemas, selalu berkeringat, batuk kering, nafsu makan menurun, penurunan berat badan, sakit perut dan diare, timbul bintik-bintik merah serta hilang kesadaran.

Sementara itu untuk pengobatan tipes sendiri biasanya di rumah sakit akan diberikan antibiotik melalui suntikan. Memang dibutuhkan asupan cairan dan nutrisi saat dirumah sakit yakni dengan memasukan atibiotik ke dalam infus. Cairan akan masuk ke pembuluh darah dan ini dilakukan untuk mencegah pasien mengalami dehidrasi.

Sedangkan jika kondisi pasien belum terlalu parah, biasanya dokter akan memberikan resep obat untuk ditebus di apotik dan memperbolehkan pasien pulang. Pegobatan dirumah biasanya dilakukan dengan banyak beristirahat, makan teratur, sering minum air putih dan membiasakan cuci tangan dengan air hangat dan sabun untuk mencegah penyebaran bakteri.

Baca juga : Viralnya Kisah Penyakit Usus Buntu Karena Makan Seblak, Ini Faktanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here