Berita Terkini : Menanti Naiknya Harga BBM Jenis Solar Usai Subsidi Yang Mulai Terpangkas !

0
1254
harga bbm

Berita Terkini : Menanti Naiknya Harga BBM Jenis Solar Usai Subsidi Yang Mulai Terpangkas !

Indowarta.com– Pertamina (Persero) telah menjamin bahwa tidak ada kenaikan harga solar hingga bulan September nanti walaupun subsidi untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) ini telah dipangkas menjadi Rp 500 per liternya. Rencana mengenai pemangkasan subsidi BBM ini sedang dibahas di DPR dalam Rancangan Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) tahun 2016.

Direktur Utama Pertamina yaitu Dwi Soetjipto mengatakan bahwa Pertamina telah melakukan perhitungan agar harga solar tidak sampai mengalami kenaikan hingga bulan September nanti. Bila tidak ada kenaikan harga, Pertamina akan mengalokasikan keuntungan yang telah diperoleh sebelumnya untuk menutup harga solar.

Jadi, jika diberi subsidi sebesar Rp 500 itu mungkin hanya sampai bulan September. Keuntungan yang terdauhulu itu selalu cross subsidi situasi sesudahnya. Pertamina sendiri juga sudah berkomitmen agar sampai Bulan September tidak ada kenaikan harga BBM.

Dwi mengatakan bahwa untuk selanjutnya harga solar setelah bulan September akan dikaji ulang kembali. Penetapan harga solar ini bergantung pada hasil Mean of Plats Singapore (MOPS). Jadi mengenaik kenaikan harga BBM setelah bulan September ini masih tergantung bagaimana pergerakan MOPS.

harga bbm

Dia optimis bahwa perhitungan pemotongan subsidi ini telah melalui perencanaan yang matang dari pemerintah. Sebagai BUMN, Pertaminta akan selalu mendukung kebijakan pemerintah dan akan selalu meningkatkan efisiensi.

Menurutnya pemerintah sudah memperhatikan situasi yang terjadi saat ini. Pemeritaha pastinya jauh lebih tau, bagaimana pembiayaan di pemerintah, bagaimana subsidi tersebut dipertukkan mereka yang jauh lebih berhak. Tentu saja pihak Pertamina akan mendukung kebijakan pemerintah tersebut. Salah satu upaya support yang akan dilakukan Pertamina dalam hal ini adalah dengan cara meningkatkan efisiensi mengenai harga jual.

Menurut data dari Pertamina, konsumsi solar subsidi pada tahun 2015 tercata sebesar 13,89 juta kilo liter. Angka tersebut mengalami penurunan sebesar 12,4 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu sebesar 15,96 juta kilo liter. Angka tersebut telah mengambil 50 persen porsi dari total penjualan BBM bersubsidi sebesar 27 ,96 juta kilo liter.

baca juga :

Berita Terkini : Meski Subsidi Solar Dicabut, Pemerintah Bahkan Akan Naikan Harga BBM !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here