Alasan Menteri Jonan Akan Hapuskan Golongan Listrik 1300-3300 VA!

0
15032
Menteri Jonan
Copyright©jitunews

Alasan Menteri Jonan Akan Hapuskan Golongan Listrik 1300-3300 VA!

Indowarta.com – Kebijakan penghapusan golongan Listrik 1300-3300 VA diambil oleh pemerintah melalui Menteri Energi dan sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Kebijakan penyederhanaan kelas golongan pelanggan listrik rumah tangga non-subsidi ini akan bermanfaat untuk jangka panjang.

‘Ketika masyarakan membutuhkan daya listrik yang lebih besar guna melancarkan kegiatan sehari-hari’ ujar Jonan melalui pesan singkat pada Senin, 13 November 2017.

Menteri Jonan pun juga mejelaskan jika saat ini tengah gencar dikembangkan kompor hingga mobil dan motor listrik. Maka dari itu jika masyarakat golongan Listrik 1300-3300 VA tetap saja menggunakan daya sebesar itu tentu tidak akan cukup. Menurutnya dengan daya yang cukup masyarakat akan terpenuhi.

‘Dengan daya yang cukup dan sepanjang tarif tidak naik, masyarakat dapat memilih untuk menggunakan kendaraan listrik. Masyarakat dapat mengisi baterai kendaraan listrik mereka di rumah masing-masing’ ujarnya.

Golongan listrik 1.300-3.300 VA
Copyright©detik

Sedangkan rencana kementerian ESDM, kebijakan yang akan dilaksanakan ialah menaikkan daya dari golongan 1.300 VA, 2.200 VA dan 3.300 VA menjadi 4.400 VA. Untuk golongan 450 VA dan 900 VA tidak mengalami perubahan alias tetap diberikan subsidi.

Golongan 4.400 VA hingga 12.600 VA dinaikan dan akan ditambah dayanya menjadi 13.000 VA. Sedangan untuk golongan 13.000 VA ke atas dayanya akan di loss stroom. Namun kenaikan dan penambahan daya itu dipastikan tidak akan berpengaruh pada pengeluaran biaya listrik masyarakat.

Dikatakan seperti itu karena tak adanya pengenaan biaya apapun serta besaran per kWh juga tak akan berubah. ‘Harga listri akan semakin terjangkau untuk masyarakat. Daya listrik juga akan dengan mudah diakses masyarakat dan terus didukung oleh Komisis 7 DPR RI’ pungkas Jonan.

Pemerintah pun berharap dengan penyederhanaan golongan listrik 1300-3300 VA ini, tenaga listrik lebih bisa diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia. Karena visi besar pemerintah dalam bidang kelistrikan adalah menaikan kapasitas listrik, pemerataan layanan listrik dengan target elektrifikasi 97 persen hingga tahun 2019 dan keterjangkau masyarakat dalam menagkses listrik.

Dengan demikian masyarakat yang memiliki Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) juga akan diuntungkan dengan program ini. Hal tersebut karena selama ini UMKM rata-rata adalah pelanggan golongan listrik 13.000-3.300 VA. Maka dengan daya tanpa tambahan biaya serta tanpa kenaikan tarif per kWh, UMKM diperkirakan dapat berkembang karena mereka akan memperoleh daya listrik yang lebih besar tanpa mengeluarkan biaya listrik tambahan.

Baca  juga : Jokowi Tegaskan Indonesia Mau Nggak Mau Harus Mengembangkan Mobil Listrik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here