Ketika Setya Novanto dan Pengacaranya Dilaporkan ke KPK!

0
144
setya Novanto
Copyright ©nasional

Ketika Setya Novanto dan Pengacaranya Dilaporkan ke KPK!

Indowarta.com – Kali ini Ketua DPR RI Setya Novanto kembali dilaporkan oleh sekelompok orang dari Perhimpunan Advokat Komisi Pemberantasan Korupsi (PAP-KPK). Novanto dilaporkan ke bagian pengaduan masyarakat lembaga antirasuah tersebut pada Senin, 13 November 2017.

Orang nomor satu di DPR itu dilaporkan atas dugaan merintangi penyidikan tindak pidana korupsi proyuek kartu tanda penduduk (KTP) Elektronik. Bukan hanya Novanto saja, PAP-KPK juga melaporkan dua kausa hukumnya yakni Fredich Yunadi dan Sandy Kurniawan.

Pihak terakhir yang dilaporkan ialah Pelaksana tugas (Plt) Sekertaris Jenderal DPR RI Damayanti. Menurut PAP-KPK keempat orang ini diduga dengan sengaja menghambat penyidikan KPK dengan membuat alasan berubah-ubah ketika pemanggilan KPK ditujukan kepada Novanto.

WAJIB BACA :  Setya Novanto Gaet Otto Hasibuan Untuk Melawan KPK!

Keepatnya dianggap menghambat penyidikan KPK terhadap Setya Novanto baik ketika dipanggil menjadi saksi maupun tersangka kasus E-KTP. Mengenai hal ini juga dijelaskan oleh salah satu advokat PAP-KPK, Petrus Selestinus.

Setya Novanto
Copyright ©katadataews

‘Kami melihatnya sudah banyak manuver atau alasan yang disampaikan baik Setya Novanto, pengacaranya maupun Sekjen DPR. Mereka mengambil langkah terkait dengan panggilan KPK pada tingkat sengaja yakni untuk mengahambat penyidikan kasus E-KTP’ ujar Petrus saat ditemui di gedung KPK, Kuningan, Jakarta pada Senin, 13 November 2017.

Petrus menambhakan Novanto dan tiga orang lainnya dilaporkan dengan Pasal UU Nomor 2 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 199 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, jo pasal 5 dan Pasal 20 UU Nomor 28 Tahun 1999 tentang penyelengaraan Negara yang bersih dan bebas KKN. Sebagai salah satu penyelenggara negara, Novanto diduga mengabaikan panggilan oleh KPK sebagai saksi kasus E-KTP.

WAJIB BACA :  Karena Setya Novanto, Posisi Politik Golkar di Jawa Barat Jadi Goyang!

Menurut Petrus dalam UU Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelengaraan Negara yang bersih dan Bebas dari KKN suah dijelaskan salah satunya yakni kewajiban peneyelengaraan ialah menajdi saksi. ‘Setya Novanto sebagai penyelengagra dianggap mengabaikan kewajibannya yakni menjadi saksi dala perkara E-KTP ini’ ujarnya.

Dalam surat laporan PAP-KPK yang sudah dicap dan distempel sendiri telah diterima di KPK pada tangal 13 November 2017. Petrus sendiri mengaharapkan agar laporan dari pihaknya itu dapat diprioritaskan oleh KPK serta dapat menjadi pelajaran untuk semua penyelenggara negara yang dipanggil oleh KPK.

Sementara itu mengenai surat laporan yang ditujukan kepada Setya Novanto juga ditangapi oleh juru bicara KPK, Febri Diansyah. Dia mengatakan akan mengecek laporan dan setiap laporan yang masuk dari masyarakat akan dipelajari terlebih dahulu oleh KPK.

Baca juga : Novel Baswedan Buka Suara Soal Kesehatan dan Kasus Setya Novanto!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here