Lowongan CPNS Kembali dibuka di Tahun 2018, Ini Formasinya!

0
928
CPNS
Copyright©jobsulsel

Lowongan CPNS Kembali dibuka di Tahun 2018, Ini Formasinya!

Indowarta.com – Seperti diketahui jika seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sejumlah lembaga pemerintahan telah selesai dilakukan. Namun kali ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyatakan jika seleksi CPNS akan kembali dibuka pada awal tahun 2018.

Dari informasi yang didapat seleksi CPNS ini ditujukan bagi pemerintahan pusat maupun pemerintahan daerah (Pemda). Lalu jika dibuka, berapakah formasi yang akan diperlukan baik pemerintah pusat maupun daerah?

Mengenai lowonagn CPNS ini pun juga dijelaskan langsung oleh Menetri PAN-RB Asman Abnur. Dia mengatakan formasi yang dibuka pada seleksi awal tahun 2018 nanti tidak melebihi jumlah penisiun pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sedangkan untuk penerimaan CPNS sendiri nanitnya akan mengacu pada pertumbuhan negatif. Asman mengatakan jika jumlah PNS yang memasuki masa pensiun sekitar 220 ribu orang. Formsi yang akan dibuka diperkirakan 50 persen dari jumlah tersebut.

CPNS
Copyright©lowongan pekerjaan

‘Kan yang pesiun sekitar 220 ribu dari daerah maupun pusat. Tapi kita tidak menerima sebesar penisun, namun hanya sekitar 50 persen. Kami tetap mengacu pada pertumbuhan negatif’ ujar Asman saat ditemui di Kementerian PAN-RB, Jakarta pada Selasa, 14 Novebmber 2017.

Asman pun juga menanggapi perihal kabar jika pembukaan seleksi ini menjadi tanda pencabutan monatorium CPNS. Dia mengatakan jika monatorium sendiri bukanlah hal yang permanenen dan pemerintah tetap memegang pedoman pada sistem minus growth sekitar 50 hingga 60 persen dari jumah pensiun.

‘Monatorium sebarnya tak permanen diberlakukan, itu karena setiap tahun pesiun tidak bisa dihentikan dan total setiap lembaga hampir 100 ribu per tahun. Tapi tahun kemarin telah diakumulasi dan tahun ini diperkirakan mencapai 220 ribu orang’ ujarnya.

Asman mengaku saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Menurtnya besaran anggaran seleksi CPNS ini menjadi topik utama dalam koordinasi dengan Kemenkeu. Selain itu pihak PAN-RB sendiri saat ini juga tengah menunggu usulan dari Kementerian Lembaga (KL) maupun pemerintah daerah.

Sementara itu mengenai akan dibukanya lowongan CPNS daerah seacra nasional pada tahun 2018 juga dibenarkan oleh Asman Abnur. ‘Tahun depan kita akan buka, tahun 2018 untuk daerah per kabupaten dan provinsi’.

Menurtnya penerimaan CPNS tahun depan akan disesuaikan dengan usulan bupati dan gubernur sesuai dengan kompetensi bidang apa yang ingin dikembangkan di daerah. Selain itu Asman juga berharap, pemda dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) secara serius mengkaji kebutuhan pegawainya sebelum menyampaikan usulan.

Baca juga :
Usai Lulus Tes CPNS Kemenkumham, Ini Tahapan Selanjutnya yang Harus Di Ikuti!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here