Berita Terkini : Inilah Sosok Mien Pattymangoe Nenek yang Memberikan Les Tambahan Bagi Puluhan Anak Jalanan Di NTT !

0
896
mien-pattymangoe-620x350

Nenek Berjasa Bagi Puluhan Anak Jalanan “ Mien Pattymangoe”

Indowarta.com –  Di jaman seperti sejarang ini ternyata masih banyak orang baik dan mau berjasa bagi para anak jalanan. Mien Pattymangoe meski di berusia senja, namun tidak membuat semangant nya surut.

Sorang nenek yang merupakan pensiunan Pegawai Negeri sipil (PNS) Setda NTT ini, patut di apresiasikan . Dia menyelenggarakan les tambahan bagi puluhan ank jalanan di Kota Kupang, hal tersebut dilakukannya dengan iklhas tanpa meminta imbalan artinya dalam les tambhan yang dilakukannya tersebut nenek Mien Pattymangoe tidak memungut biaya sepeser pun.

Keputusan pensiunan PNS ini mengadalkan les tambahan bagi puluhan anak jalanan bermula dari rasa prihatin akan keberadaan anak jalanan di Kota Kupang yang harus bekerja membanting tulang guna membantu perekonomian keluarganya.

Puluhan anak jalanan yang masih berusia sebagai pelajar diajaknya bergabung dalam kegiatan les tambahan di kantor yayasan Nusa Bunga Abadi (Yanubadi), yang berlokasi di jalan suci Inomor 32, Kecamatan Oebibo, Kota Kupang.

“Awalnya saya terispirasi dari kemitraan lembaga saya dengan International Labour Organization (ILO), sebuah lembaga internasional yang fokus pada program pekerja anak. Tapi waktu itu fokusnya adalah bagaimana kerja sama ini bisa mengajarkan atau melatih guru-guru untuk bisa mengajar kepada anak-anak yang adalah pekerja anak dengan satu metode pembelajaran yang ramah anak,” kata Mien.

Mien mengimbuhkan jiak ILO sendiri mengatakan jika anak jalanan itu tidak bisa di berikan materi yang sama seperti anak-anak yang lain.

Anak jalan itu harus di kasih metode yang khusus yakni sebuah metode pembelajaran yang ramah sebab para anak jalanan tersebut terbiasa dengan kehidupan yang keras, sehingga guru yang mengajar di situ harus menggunakan tehnik mengajar yang ramah.

Dengan Inspirasi yang muncul di tahun 2014 itu, Mien pattymango muali turun kejalan untuk mencari dan mengajak para anak jalanan untuk mengikuti les tambahan.

“Awalnya saya berpikir kalo para anak jalanan tersebut sekolah pada siang hari karena mereka pagi bekerja di jalan, lalu jika siang hari mereka bernagkat sekolah setelah pulang nati mere semua kembali membantu ornag tuanya untuk mencari nafkah”, Ujar Mien.

“ Dalam perenungan, lalu saya berpikir, kapan para anak jalanan ini menuntut ilmu, seperti gimanapun juga kita harapkan mereka semua jangan sampai putus sekolah. Tapi upaya apa apa yang mesti kita lakukan?. Mau merang mereka untuk berhenti bekerja itu jelas tidak mungkin,”imbuh Mien.

Mien Pattymangoe mengaku jika sebelumnya dirinya pernah bekerja sama dengan Dinas Sosial stempat, dengan membuat rimah singgah bagi para anak jalana, Namun hal tersebut hanya berjalan selama tiga bulan dan akhirnya berhenti.

Mien melihat keadaan yang sperti demikian tersentak hatinya dan akhirnya dengan dana pribadi, dia membuka les tambahan untuk kelas SD, SMP dan juga SMA di kantor yayasan yang ia kelola sendiri. Mula-mula anak jalanan ynag bergabung hanyalah 30 Orang, akan tetapi dengan berjalannya proigram tersebut saat ini sudah ada 50 orang yang mengikuti program les tambahan tersebut.

Angka segitu sudah maksimal menurut Mien, sebab keterbatasan ruang kelas menjadi penghambat.

Mien sendiri juga menagtakan, kelebihan les tambahan yang di lakukannyayakni dengan mendatangkan guru-guru yang berkualitas yang berasal dari sejumlah bidang studi, tapi yang terpenting adalah materi bidang studi matematika, bahasa indonesia dan juga bahasa Inggris.

Baca Juga : Lewat Video Youtube, SBY Minta Pencalonan Tito Karnavian Sebagai Calon Kapolri Bersih Dari Unsur Politik !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here