Kedahsyatan Gempa Iran Berpotensi Terjadi di Indonesia?

0
369
Gempa 10 Februari
Copyrihgt©Global - Liputan6.com

Kedahsyatan Gempa Iran Berpotensi Terjadi di Indonesia?

Indowarta.com- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ini telah menganalisis gemap tektonik dangak yang berkekuatan 7,3 skala richter yang telah melanda perbatasan negara Irak dan juga Iran pada hari Minggu 12 November 2017 yang telah ditengarai adanya tumbukan Lempeng Arab dengan Lempeng Eurasia di jalur lipatan dan juga sesar naik Zagros.

Baca Juga Menanti Kehadiran Setya Novanto di Gedung KPK!

Gempa ini pun termasuk di dalam kategori dahsyat dan juga akan bisa sampai mengangkat sebagian zona Pengunungan Zagros sehingga nantinya jalur pegunungan ini secar relatif akan bertambah tinggi dan juga menjadi kawasan aktif gempa bumi.

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono dalam siaran persnya pada hari Selasa 14 November 2017 ini telah mengatakan “Karakteristik gempa semacam ini bersifat destruktif. Ini karena medan tegangan yang terakumulasi di batas lempeng menjadi sangat besar”.

Gempa Ambon
Copyright ©okezone

Selain itu Daryono juga telah mengatakan bahwa kalau ditinjau dari sumber gempanya, ada kemiripan dengan pola sumber gempa yang terjadi di perbatasan Iran – Irak tersebut dengan gempa Nepal pada tahun 2015 yang memiliki kekuatan 7,8 skala richter. Baik gempa Iran dan juga gempa Nepal ini sama-sama dahsyat produk dari tumbukan lempeng di daratan.

Baca Juga Jatipadang Banjir, Warga Masih di Pengungsian!

Sementara itu pada wilayah di Indonesia, zona sumber gempa jalur sesar naik atau Thrust and Belt ini seperti yang terjadi di Iran dan Irak atau Nepal ini akan bisa ditemukan di Papua yakni di Mamberamo Thrust and Belt dan juga Jayawijaya main Thrust and Belt.

Tektonik Papua ini telah dipengaruhi oleh pergerakan Lempeng Pasifik ke arah barat dan juga Lempeng Indo Australia yang bergerak ke arah utara. Tumbukan tersebut membentuk tatanan struktur kompleks, sehingga tidak heran juga apabila di Papua ini memiliki potensi gempa darat yang berkekuatan sangat besar.

Berdasarkan catatan gempa ini telah membuktikan bahwa Papua beberapa kali terjadi gempa dahsyat yakni pada tahun 1900 (7.8), 1914 (7.9), 1916 (8.1), 1926 (M7.9), dan 1971 (8.1).

baca juga :

Puluhan Warga Tewas Dalam Insiden Gempa di Perbatasan Irak!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here