Hati Hati Dengan Iklan Obat Herbal Sembuhkan Kanker!

0
225
Obat Herbal
Copyright ©deherba

Hati Hati Dengan Iklan Obat Herbal Sembuhkan Kanker!

Indowarta.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menghimbau kepada seluruh warga untuk tetap berhati-hati dengan adanya sejumlah iklan produk herbal, khususnya yang mengklaim kalau dapat digunakan untuk menyembuhkan kanker tanpa adanya penanganan medis yang dilakukan oleh dokter.

BACA JUGA : Tepis Gejala Flu dengan 4 Makanan Berikut Ini!

“Terdapat keprihatinan mengenai obat herbal yang penggunaannya belum sesuai. Banyak yang mengira obat herbal bisa digunakan sebagai obat kanker padahal tidak,” ungkap Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen BPOM Ondri Dwi Sampurno di Jakarta, Senin, 13 November 2017.

Dia mengatakan, kalau kanker merupakan salah satu penyakit serius yang harus mendapatkan penanganan medis secara intensif. Oleh karena itu, adanya sejumlah obat herbal yang melakukan promosi dengan melebih-lebihkan kasiatnya dapat memicu penderita meninggalkan penanganan medis.

WAJIB BACA :  Kenapa Kanker Paru Sulit Dideteksi?

Sehingga dengan itu, penyakit kanker yang telah diderita oleh pasien tidak akan segera mendapatkan perawatan medis serta akan menjadi semakin parah. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan untuk berhati-hati dengan adanya pengobatan herbal itu.

Obat Herbal.
Copyright©istimewa

Pada peraturan pemerintah yang sudah dibuat, ada sejumlah larangan mengenai obat herbal, obat tradisional, untuk melakukan promosi dengan cara mengumbar manfaatnya untuk sejumlah penyakit tertentu, seperti kanker, lever, tuberculosis, dan diabetes.

BACA JUGA : Awas, 7 Cara Menurunkan Berat Badan Ini Bisa Mengancam Nyawa Loh!

Adanya peraturan ini telah tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 386 Tahun 1994 tentang Pedoman Periklanan: Obat Bebas, Obat Tradisional, Alat Kesehatan, Kosmetika, Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga dan Makanan-Minuman.

WAJIB BACA :  Daun Sirsak, Obat Alami Penyakit Kanker!

Ondri menilai, adanya obat herbal merupakan pendukung dari penyembuhan kanker kepada para penderitanya. Jika sudah mengonsumsinya, maka bukan berarti pasien harus menghentikan pengobatan medis yang diberikan oleh dokter, seperti operasi, terapi, dan beberapa tindakan medis lainnya.

Pihaknya menegaskan, adanya sejumlah iklan obat herbal yang telah melebih-lebih khasiatnya harus diwaspadai. Karena secara klinis, dengan penanganan medis yang teratur dan intensif akan dapat lebih cepat untuk penanganan penyakit kanker.

Adanya kencederungan iklan obat herbal yang dapat mendorong penderita kanker untuk melupakan pengobatan medis,  hal ini terjadi karena mereka telah termakan dengan sejumlah janji-janji yang ditawarkan dengan obat herbal tersebut.

BACA JUGA : Terapi Ampuh Kanker Payudara dengan Secang dan Daun Awar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here