Buni Yani Divonis 1 Tahun 6 Bulan Penjara, Ini Pertimbangannya!

0
334
Buni Yani
Copyright ©SuratKabar.ID

Buni Yani Divonis 1 Tahun 6 Bulan Penjara, Ini Pertimbangannya!

Indowarta.com – Dalam sebuah perkara yang menjerat Buni Yani, kali ini Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bandung telah mengambil keputusan dalam sidang. Hakim telah memvonis terdakwa Buni dengan hukuman 1 tahun 6 bulan penjara.

BACA JUGA : Ketika Prabowo dan Amien Rais Kompak Sebut Aset Bangsa akan Dijual!

Vonis yang telah dijatuhkan kepada Buni Yani ini lebih rendah, hal tersebut jika dibandingkan dengan tuntutan yang sebelumnya diberikan oleh pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang perkara ini.

“Menjatuhkan vonis 1 tahun 6 bulan pidana,” ujar Ketua majelis hakim M Sapto saat pembacaan putusannya, di PN Bandung, Jalan Riau, Selasa (14/11/2017).

Sebelumnya, jaksa penuntut umum telah menuntut terdakwa dalam sidang ini dengan hukuman dua tahun pejara, serta dikenakan denda sebesar Rp 100 juta subside tiga bulan penjara. Buni Yani telah dijerat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Buni Yani
Copyright©Kompas

Kasus ini berawal pada saat dia mengunggah dan menyuting keterangan dalam video Basukit Tjahaja Purnam atau Ahok, video tersebut berisikan pidato dari mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut saat di Kepulauan Seribu, pada Sabtu (27/9/16) lalu.

BACA JUGA : PPP Modal Berharga Gaet Dukungan Partai Dibalik Tingginya Elektabilitas Jokowi!

“Meminta majelis hakim menjatuhkan pidana penjara selama 2 tahun dan membayar denda Rp 100 juta atau diganti dengan 3 bulan kurungan,” kata ketua tim jaksa penuntut umum Andi M Taufik membacakan tuntutannya saat  sidang berlangsung di Gedung Arsip, Jalan Seram, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa, 3 Oktober 2017.

Buni Yani telah menilai kalau tuntutan yang sudah disampaikan oleh jaksa itu merupakan bentuk kezaliman dan tidak berdasarkan kepada prinsip keadilan. Dia bahkan tidak menyangka, kalau unggahan di Facebook (FB) sekarang ini sudah merubah hidupnya. Dalam sidang, dia juga membantah sudah melakukan ujaran kebencian seperti apa yang telah dituduhkan kepadanya.

“Saya berasal dari keluarga yang sangat plural. Kakek haji, saya punya saudara nikah dengan Hindu di Lombok, sepupu ibu saya nikah dengan Manado, pindah ke Kristen, kalau ada acara keluarga besar semua kumpul,” tutur Buni Yani saat pembelaannya.

BACA JUGA : Lokasi Sidang Buni Yani Diperketat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here