Mahasiswa IPB Ini Temukan Obat Kanker Kelenjar Getah Bening dari Alga Hijau Biru!

0
642
Ilustrasi Penelitian
Copyright©Ilustrasi

Mahasiswa IPB Ini Temukan Obat Kanker Kelenjar Getah Bening dari Alga Hijau Biru!

Indowarta.com – Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit terbesar di Indonesia, bahkan penyakit ini juga merupakan penyakit mematikan. Pada tiap tahunnya, jumlah penderita kanker semakin meningkat.

BACA JUGA : Hati Hati Dengan Iklan Obat Herbal Sembuhkan Kanker!

Untuk kanker kelenjar getah bening masuk dalam urutan ke-10 pada penyakit terbanyak di Indonesia saat ini. Melihat adanya masalah ini membuat Juhrotul Aeniah seorang mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penelitian untuk obat kanker kelenjar getah bening.

Dalam penelitian yang mengambil judul “Aktivitas Antikanker Kelenjar Getah Bening (LIMFOMA) secara In Vitro dari Spirulina platensis (alga hijau biru) yang Dikultivasi dalam Media Organik” ini, telah mendapatkan bimbingan dari Dr. Irani Setyaningsih dan Dr. Kustiariyah Tarman.

WAJIB BACA :  Daun Sirsak, Obat Alami Penyakit Kanker!

“Kalau sekarang kan pengobatan penyakit kanker bisanya dilakukan dengan cara operasi, radiasi dan kemoterapi. Pengobatan dengan cara tersebut menimbulkan efek samping, supresi sumsum tulang, gangguan saraf dan kerusakan fertilisasi,” kata Aeni seperti dilansir dari laman IPB, Minggu (5/11/2017).

Kanker Kelenjar Getah Bening
Copyright ©lockerdome

Menurut Aeni, sekarang ini beberapa negara maju dan bekembang sudah kembali menggunakan obat alam untuk dapat mengobati sejumlah penyakit. Salah satu bahan alami yang telah memiliki potensi antikanker adalah Spirulina platensis.

BACA JUGA : Tepis Gejala Flu dengan 4 Makanan Berikut Ini!

Akan tetapi, kata dia, media yang dapat gunakan untuk Spirulina platensis ini hanya Walne dan Zarrouk yang harganya mahal. Sehingga dengan itu dia memilih untuk menggunakan media organik yang disusun dari urea, Plant Catalyst, dan RI1.

WAJIB BACA :  Awas, Kanker Payudara Sulit Dideteksi Pada Wanita Gemuk Lho!

“Spirulina platensis yang ditumbuhkan dalam media organik belum diketahui aktivitasnya sebagai antikanker, itulah sebabnya saya melakukan penelitian ini. Penelitian ini untuk menentukan aktivitas antikanker kelenjar getah bening dari biomassa, ekstrak kasar dan fikosianin dari Spirulina platensis yang dikultivasi dalam media organik,” paparnya.

Keunikan dari penelitian untuk obat kanker kelenjar getah bening ini, yaitu prinsip dan metode yaitu dengan mengukur aktivitas dari hidrogenase mitokondria pada sejumlah sel hidup, yang sudah memiliki kemampuan untuk mengkonversi MTT ke formazan.

Namun dalam penelitiannya untuk obat kanker kelenjar getah bening ini, ada sejumlah  kendala yang dia temui, yaitu pada sel raji. Yang merupakan sel kelenjar getah bening yang digunakan dalam pengujuan kanker kelenjar getah bening. Hal ini dinalai karena adanya komponen aktif pada sampel tersebut.

BACA JUGA : Cara Menurunkan Risiko Kanker Payudara!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here