500 Korban Lebih Tewas dalam Tragedi Gempa Iran!

0
124
Gempa Iran
Copyright©okezone

500 Korban Lebih Tewas dalam Tragedi Gempa Iran!

Indowarta.com – Gempa bumi dahsyat berekkuatan 7,3 Skala Richter (SR) mengguncang Iran. Akibat gempa Iran ini banyak korban berjatuhan dan hingga saat ini tercatat keoban tewas mencapai 500 orang.

Sedangkan para korban yang berhasil selamat kondisinya sangat memprihatinkan. Dari informasi yang didapat para korban yang berhasil selamat kini kelaparan dan kedinginan. Mereka tak ada tempat untuk belindung karena rumah mereka luluh lantah setelah diguncang gempa.

Para korban pun mengkritik pemerintah dan menyebut jika bantuan untuk para korban gempa ini sangat lambat dikirim. Seperti diketahui jika pemerintah Iran sendiri juga menghentikan upaya penyelamatan dan mereka menganggap peluang untuk menemukan korban selamat sangat kecil jika dilihat parahnya dampak kerusakan.

Gempa Iran ini menewaskan kurang lebih 530 dan melukai ribuan orang lainnya. Guncangan dengan kekuatan 7,3 SR ini menjadi gempa yang paling mematikan dalam sejarah gempa di Iran selama lebih dari satu dekade terakhir.

Gempa Iran
Copyright©ruana sagita

Dampak dari gempa selain menewaskan banyak orang juga meluluh lantahkan tempat tinggal warga Iran. Korban yang selamat banyak kehilangan tempat tinggal mereka. Gempa ini sendiri melanda desa dan kota di Provinsi Kemanshah tepatnya di sepanjang perbatasan pegunungan dengan Irak.

Para korban pun berjuang dengan melaui hari-hari mereka yang suram. Banyak warga mulai dari yang tua hingga muda kekuranagn makanan, air dan juga tempat tinggal. Sedangkan pemerintah Iran sendiri sampai saat ini justru menolak bantuan dari pihak asing.

Menurut pejabat Iran, gempa dahsyat ini telah merusak kurang lebih 30.000 rumah dan menghancurkan 2 desa secara total. Saat ini ribuan warga juga terlihat meringkuk di kamp darurat yang digunakan untuk pengungsian. Bahkan banyak warga yang menghabiskan malam yang dingin ditemat terbuka karena mereka takut ada gempa susulan.

Dalam sebuah tayangan televisi yang menyiarkan gempa Iran ini memperlihatkan rekaman penduduk desa tengah menangis. Mereka menangis sembari membawa mayat yang terbungkus selimut dan seprai berlumuran darah. Bahkan ada yang membongkar puing-puing bangunan dengan tangan kosong guna mencari teman dan keluarga mereka.

Sementara itu mengenai gempa dahsyat yang terjadi di Iran ini juga ditanggapi oleh Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei. Dia mengaku telah mendesak badan-badan pemerintah untuk mempercepat penyaluran bantuan. Nampak Presiden Iran Hassan Rouhani juga berkunjung ke daerah yang terkena gempa dan dia pun juga berjanji akan menyelesaikan permasalahan ini.

Baca juga : Gempa Sebesar 5 SR Guncang Bali, Getaran Terasa Sampai Karangasem Hingga Kuta!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here