Sentilan Wapres JK Saat Setya Novanto Berusaha Lolos Jeratan KPK!

0
320
Abu Sayyaf

Sentilan Wapres JK Saat Setya Novanto Berusaha Lolos Jeratan KPK!

Indowarta.com– Tersangka kasus dugaan korupsi proyek E KTP yakni Setya Novanto ini telah mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK). Setya Novanto teah menggugat UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak‎ Pidana Korupsi (UU KPK) pasal 12 dan 46 ayat 1 dan ayat 2 tentang pencekalan dan penyidikan.

BACA JUGA : Fadli Zon Akan Bicarakan Soal Pemberantasan Korupsi Oleh Parlemen di Austria!

Gugatan itu telah diajukan oleh Setya Novanto yang menolak untuk diperiksa oleh KPK sebagai tersangka di dalam kasus dugaan korupsi  E KTP. Politikus partai Golkar ini pun berkilah bahwa kapasitasnya sebagai Ketua DPR mengharuska pemeriksaan ini atas izin dari Presiden.

WAJIB BACA :  Saat Setya Novanto Tertunduk Lesu Kala Penuhi Panggilan KPK!

Fredrich Yunadi yang merupakan kuasa hukum Setya Novanto ini telah menilail bahwa Pasal 46 Ayat 1 dan 2 bertentangan dengan Undang-undang 1945 Pasal 20 a Ayat 3 tentang Hak Imunitas anggota DPR. Sementara Pasal 12 UU KPK tentang pencekalan dinilai bertentangan dengan Pasal 16 Ayat (1) huruf b Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Setya Novanto
Copyright©Setya Novanto

Pada hari Selasa 14 November 2017 ini Fredrich telah mengatakan “Jadi alasannya adalah kita sudah ajukan JR (Judicial Review, uji materi) di MK (Mahkamah Konstitusi). Menunggu hasil keputusan dari JR”. Judicial Review yang telah diajukan oleh Setya Novanto ini telah mendapatkan sentilan dari Wakil Presiden yakni Jusuf Kallah. Wapres Jusuf Kalla ini telah menilai bahwa gugatan itu hanyalah sebagai upaya dari Setya Novanto untuk bisa menyelamatkan diri dari jeratan hukum.

WAJIB BACA :  Tak Ada Bercak Darah, Polisi Malah temukan Ini di Mobil Setya Novanto!

Wapres JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta pada hari Selasa 14 November 2017 ini telah mengatakan “Itu ya namanya usaha. Banyak orang berusaha untuk bebas dengan cara bermacam-macam”.

BACA JUGA : Istri Setya Novanto Juga Beralasan Sakit Saat Dipanggil KPK!

JK sama sekali tidak menyinggung mengenai perlawanan Setya Novanto dengan mengajukan uji materi atas UU KPK. Hal ini karena setiap warga negara telah diperbolehkan untuk mengajukan Uji Materi UU ke MK.

Jusuf Kalla merasa heran dengan langkah dari Setya Novanto yang telah mengajukan uji materi UU KPK. Terlebih lagi bahwa gugatan itu dilayangkan Setya Novanto di tengah pengusuran kasus dugaan korupsi proyek  E KTP.

baca juga : 

Alasan Ini Bisa Dijadikan Dasar KPK Panggil Paksa Setya Novanto!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here