BBM Satu Harga Sejahterakan Masyarakat!

0
360
Harga BBM
Copyright©Kontan

BBM Satu Harga Sejahterakan Masyarakat!

Indowarta.com – Program pemerintah BBM Satu Harga yang kini sudah dilakukan berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Masyarakat sekitar mengatakan kalau taraf hidup mereka mulai naik setelah adanya harga BBM yang awalnya Rp 50.000 per liter menjadi Rp 6,450 per liter sejak setahun lalu.

BACA JUGA : Nelayan Ini Temukan Muntahan Ikan Paus Sebanyak 200 Kg, Harganya Bisa Bikin Kaya Mendadak!

“Pengeluaran bisa ditekan, kesejahteraan tentu saja meningkat,” ucap Murni Wagai, seorang warga, di Ilaga, Rabu (15/11/2017).

Manfaat adanya program BBM Satu Harga tersebut, kata Murni, kebutuhan sehari-hari yang mereka keluarkan juga jauh lebih murah sekarang ini. Dengan menggunakan uang Rp 50 ribu saat ini dia sudah bisa untuk mendapatkan enam ikat sayuran.

WAJIB BACA :  Harga BBM Akan Naik Tahun 2018?

Namun sebelum adanya BBM Satu Harga itu, dia hanya dapat membeli satu ikat sayur dengan jumlah uang yang sama. Sejajarnya harga BBM ini secara tidak langsung telah membuat sejumlah harga barang-barang kebutuhan menjadi semakin murah.

Berita Terkini: Harga BBM Jenis Pertamax dan Kawannya Naik Rp 300 Per Liter !
Copyrigth©tribunnews

Salah satunya sayur, bahan pokok ini harus terlebih dahulu diangkut menggunakan ojek dari daerah perbukitan menuju ke tempat penjualan yaitu di pasar Ilaga. Dengan turunnya harga BBM itu, maka harga sayur juga ikut mengalami penurunan karena untuk ongkos ojeknya semakin murah.

BACA JUGA : Mulai di Era Jokowi, Harga BBM di Papua Sama dengan di Jawa!

“Harga sayur kini turun karena ongkos ojek sudah tidak mahal,” jelasnya.

WAJIB BACA :  Harga BBM Akan Naik Tahun 2018?

Masyarakat telah mendapatkan dampak baik dari adanya program BBM Satu Harga yang diresmikan pada 17 Agustus 2017 lalu. Lantaran sekarang ini, tingginya biaya pengangkutan BBM sudah menjadi bentuk tanggung jawab dari Pertamina.

Dalam praktiknya di masyarakat, lembaga penyalur Pertamina tetap melakukan penjualan BBM jenis Premium dengan harga Rp 6.450 per liter, sedangkan harga Solar yang mencapai Rp 5.150 per liter setelah adanya program BBM Satu Harga ini. Harga itu memang jauh lebih murah, pasalnya sebelumnya untuk harga BBM per liter bisa mencapai Rp 50 ribu.

Tingginya pengangkutan BBM untuk menuju ke wilayah Ilaga tentu sudah dapat dipahami, karena untuk menuju wilayah yang memiliki ketinggian mencapai 7.500 kaki tersebut, BBM harus diangkut menggunakan pesawat Air Tractor yang memiliki kapasitas 4 KL dalam sekali angkut.

WAJIB BACA :  Harga BBM Akan Naik Tahun 2018?

BACA JUGA :

Harga Xpander Batal Naik di Bulan November 2017!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here