Berita Terkini : Pembukaan Kantor Ekonomi Dan Perdagangan Hong Kong Di Jakarta Disambut Antusias !

0
763
kantor ekonomi dan perdagangan Hong Kong

Berita Terkini : Pembukaan Kantor Ekonomi Dan Perdagangan Hong Kong Di Jakarta Disambut Antusias !

Indowarta.com– Pemerintah Indonesia telah menyambut baik mengenai rencana pembukaan kantor ekonomi dan perdagangan Hong Kong di ibu kota. kantor ekonomi dan perdagangan Hong Kong akan beroperasi untuk seluruh wilayah Indonesia dalam waktu dekat.

Hal teresbut telah disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi bersama Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly pada saat bertemu dengan Menteri Keuangan Hong Kong yakni Hon John Tsang. Pertemuan tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti hasil dari kunjungan Chief Executive Hong Kong ke Jakarta pada bulan September tahun 2015 silam.

Sampai tahun 2015, total perdagangan antara Indonesia dengan Hong Kong merupakan pelaku Investasi keenam tersebesar di Indonesia yakni dengan total nilai 983,2 juta dollar AS pada tahun 2015. Indonesia dan Hong Kong telah menandatangani kerjsa sama promosi investasi pada bulan Mei 2016. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan total nilai investasi.

kantor ekonomi dan perdagangan Hong Kong

Di dalam pertemuan yang berangsung tersebut, Retno dan Yasonna membahas mengenai sistem manajemen informasi imigrasi (SIMKIM) yang sudah berlaku semenjak bulan Januari tahun 2015 yang lalu. SIMKIM ini bertujuan untuk memperkuat kemanan paspor yang sesuai dengan aturan yang telah diterapkan oleh Informasi Civil Aviation Organzation (ICAO).

Namun dalam beberapa penerapannya, SIMKIM masih mempunyai beberapa kendala. Salah satunya adalah waktu tunggu yang lebih lama.  Selain itu juga terdapat kasus hukum terkait dengan koreksi data pada paspor WNI.

Untuk menyelesaikan hal tersebut, Kemenlu sendiri sudah mengirimkan tim tambahan dari Jakarta untuk Pelayanan Imigrasi dan Kemkumham juga sudah mengirimkan tambahan mesin SIMKIM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here