Berita Terkini : 1 Warga Tiongkok Disebut Terluka Parah Lantaran Kena Tembak Kapal Indonesia, Benarkah ?

0
897
china-ship-e1451322627209

1 Orang Tiongkok Terluka Ditembak AL Indonesia

Indowarta.com – Kabar mengejutka datang dari Kementerian Luar Negeri Republik Tiongkok . Kementerian Tiongkok mengatakan jika ada warga begaranya yang terluka karena telah di tembaki oleh Angkatan Laut Indonesia. Tiongkok bersikukuh kapal nelayan tersebut mengakap ikan secara legal bukan ilegal.

Tapi opini berbeda datang dari pihak Angkatan Laut Indonesia. Angkatan Laut Indonesia mengutarakan bahwa pihaknya telah memberikan tembakan peringtan kepda kapal berbendera Tiongkok itu. Kapal Tiongkok tersebut telah menangkap ikan secara ilegal di perairan Indoneisa.

Seorang jubir AL Indonesia pun juga mengatkan jika dalam peristiwa itu tidak ada nelayan yang terluka. Tetapi Tiongkok tetap saja bersikukuh, maka dari itu otorotas Tiongkok memprotes keras penahanan kapal nelayannya oleh otoritas Indonesia. Tiongkok tetap bersikeras mengatakan jika kapal nelayannya menangkap ikan secara legal.

“ Para nelayan Tiongkok menangkap ikan secara legal, normal di perairan terkait,” pungkas juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying.

Hua Chuying juga mengimbuhkan bahwa disini kami telah menunjukkan sikap tegas terhadap indonesia mengenai persoalan tersebut.

Kapal Indonesia melakukan penahanan kapal nelayan China ini terjadi pada Jumat (27/5) lalu. Waktu itu, KRI Oswald Siahaan-354 yang tengah melakukan patroli di perairan Natuna, lalu dia melihat aktivitas mencurigakan di radar. Akhirnya petugas mendekati mencurigakan tersebut dan akhirnya menemukan kapal nelayan China Gui Bei Yu 27088.

Setelah menemukan kapal nekayan Tiongkok itu, Kapal Indonesia melakukan pengejaran terhadap kapal Gui Bei Yu sesuai SOP, termasuk juga memberikan sebuah peringatan. Bentuk peringatan yang di lakukan oleh Kapal Indonsia adalah peringatam mulai dari kontak radio, peringatan melalui pengeras suara, tembakan peringatan ke udara, peringatan tembakan kanan dan kiri haluan. Tapi semua peringatan tersebut di abaikan oleh nleyan Tiongkok, peringatan itu tidak di pedulikan sama sekali.

Malahan kapal Tiongkok itu melakukan gerakan zig-zag dan akhirnya tindakan paling keras yang di lakukan oleh kapal Indonesia yaitu tembakan di ajungan. Setelah di beri peringatan tembakan peringatan, kapal Tiongkok itu akhirnya menyerah, Para Ank Buah Kapal (ABK) kapal nelayan Tiongkok tersebut akhinya di tangkap oleh Angkatan Laut Indonesia.

Baca Juga : Beredarnya Video Aa Gym Sakit Dan Dirawat Ini Jadi Viral Di FB, Netizen Berduka !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here