PLN Gelar Survey Soal Tambah Daya Listrik, Ini Hasilnya

0
434
PLN
Copyright©kabar24

PLN Gelar Survey Soal Tambah Daya Listrik, Ini Hasilnya

Indowarta.com – Kali ini PT PLN (Persero) melakukan survei tekait penambahan daya listrik gratis untuk golongan rumah tangga. Ini dilakukan untuk mengetahui atau mengukur kemampuan masyarakat sebelum program penambahan daya listrik mulai berjalan.

Menganai kegiatan ini juga diungkapkan oleh Direktur Utama PLN Sofyan Basir. Dia mengatakan jika pihaknya telah memulai survei langsung ke masyarakat pengguna listrik rumah tangga di sejumlah kota di Indonesia.

Hasil survei menujukan sebagian banyak masyarakat menyetujui mengikuti program penambahan daya gratis. ‘Survei sudah dimuai. Sejumah kota telah kita kunjungi salah satunya Cirebon Bogor. Pada umumnya masyarakat sudah mau semuanya’ ujar Sofyan saat ditemui di Jakarta pada Selasa, 11 November 2017.

Baca juga : Bos PLN Tegaskan Tak Ada Kenaikan Harga Tarif Listrik!

Sofyan menambahkan, PLN kali ini bukan hanya melakukan survei tangapan masyarakat terkat program penambahan daya listrik secara langsung saja. Perusahan milik plat merah itu juga melakukan survei melalui teknologi digital lewat beberapa situs.

Golongan listrik 1.300-3.300 VA
Copyright©detik

Dia mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu hasil survei sebelum menerapkan penambahan daya listruk gratis. Sofyan pun menyimpulkan jika sebagain besar masyarkat menyetujui penambahan daya listrik gratis ini, maka PLN bisa saja memulai program tersebut pada awal tahun 2018 mendatang.

Sementara itu cukup diketahui sebelumnya Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) dan PT PLN (Persero) tengah menggodok program penyederhanaan golongan pelanggan listrik rumah tangga non-subsidi. Penyederhanaan tersebut berlaku pada aolongan 900 VA tanpa subsidi, 1.300 VA, 2.200 VA, 3.300 VA dan 4.400 VA.

Baca juag : Mobil Listrik Buatan Mahasiswa Indonesia Sampai Balapan di Reli Dakar!

Seluruh golongan daya listrik tersebut akan dinaikan dan ditambah dayanya menjadi 5.500 VA. Sedangakan untuk golongan diatas 5.500 VA hingga 12.000 VA akan dinaikan menjadi 13.000 VA dan golongan 13.000 VA dayanya akan di-loss-stroom.

Namun jangan khawatir, kenaikan daya tersebut tak akan berpengaruh pada pengeluaran biaya listrik masyarakat. Hal itu karena besaran tarif per kWh tidak akan berubah, jadi dipastikan tak akan dikeniakan baiaya apapun.

Berikut ini dolongan eplanggan listrik rumah tangga yang terbagi dalam :
– Pelanggan listrik dengan subsidi (450 VA dan 900 VA)
– Pelanggan listrik non-subsidi 5.500 VA
– Pelanggan listrik non-subsidi 13.000 VA
– pelanggan listrik non-subsidi 13.000 VA ke atas (loss-stroom)

Baca juga : Alasan Menteri Jonan Akan Hapuskan Golongan Listrik 1300-3300 VA!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here