UMK Ditetapkan, Buruh Jabar Lakukan Aksi Demo!

0
295
Aksi Unjuk Rasa Buruh.
Copyright ©pemeriksaanpajak

UMK Ditetapkan, Buruh Jabar Lakukan Aksi Demo!

Indowarta.com– Massa yang tergabugn dari berbagai serikat buruh di Jawa Barat ini telah berunjuk rasa menuntut penghapusan peraturan pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015. Massa telah meminta agar penetapan UMK ini tidak lagi mengacu pada PP 78 tersebut.

BACA JUGA : Nelayan Ini Temukan Muntahan Ikan Paus Sebanyak 200 Kg, Harganya Bisa Bikin Kaya Mendadak!

Massa sudah mulai berdatangan kurang lebih pada pukul 11.00 WIB. Massa pun sempat menyuarakan aksinya di Gedung Sate yang terletak di Jalan Diponegoro, Kota Bandung pada hari Selasa 21 November 2017.

Setelah massa telah menggelar demo di depan kantor Gubernur Jawa Barat, massa pun sedikit bergeser ke kantor DPRD Jawa Barat yang hanya berjarak kurang lebih 100 meter saja. Mereka pun telah menyarakan tuntutan yang sama juga.

Hari Buruh
Copyright©indoberita

Salah satu orator telah mengatakan bahwa terdapat beberapa tuntutan yang disampaikan para buruh yang pada intinya adalah meminta kenaikan upah. Mereka telah meminta bahwa penetapan UMK 2018 ini tidak mengacu kepada formula pasal 44 PP 78.

Salah satu orator telah mengatakan “Jangan menetapkan UMK menggunakan formula PP 78. Karena itu tidak adil bagi buruh. Harus ada penyesuaian upah yang sesuai kebutuhan”. Kedua buruh juga menuntut agar kenaikan upah ini lebih dari 8,7 persen. Tidak hanya itu saja, pemerintah mereka berharap agar pemerintah Jawa Barat ini menghapus UMP 2018 karena memicu konflik antara buruh dan juga pengusaha.

BACA JUGA : Mulai di Era Jokowi, Harga BBM di Papua Sama dengan di Jawa!

Salah satu orator tersebut mengatakan “Kami merekomendasikan UMK diatas formula Nasional, kalau penetapan UMK terus menggunakan formula pasal 44 PP 78 maka akan terus terjadi disparitas upah yang tinggi antar kabupaten/kota di Jabar”.

Tidak berhenti di situ saja, buruh juga telah menyuaraka penolakan mereka terhadap upah padat karya untuk sekolah Garmen dan juga Konveksi. Hal ini karena akan rawan diselewengkan oleh para pengusaha nantinya.

Seperti yang telah diketahui bahwa pada hari ini rencananya Gubernur Jawa Barat yakni Ahmad Heryawan akan menetapkan besaran UMK di 27 Kabupaten dan Kota. Rata-rata kenaikan UMK adalah 8,71 persen sesuai dengan PP No 78 Tahun 2015.

baca juga : 

Ditetapkan, Ini Daftar UMK 38 Daerah di Jawa Timur!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here