Berita Terkini : BMKG Himbau Masyarakat Waspada, Atmosfer Indonesia Tak Stabil, Banyak Petir Siap Menyambar !

0
1085
hujan-dan-petir

“Waspada”  Cuaca Ekstrim Akan Berpotensi Terjadi di Indonesia

Indowarta.com –  Atmosfer yang tidak stabil akan berpotensi terjadi Hujan deras disertai petir dan angin kencang. Dihimbau bagi masyarakat yang berada di derah dataran tinggi dan bantaran sungai di minta agar selalu waspada  terhadap cuaca ekstrim. Pernyataan tersebut di sampaikan oleh Koordinator Pos Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, yakni Joko Budiono.

Joko Budiono jugan menhimbau kepada masyarakat untuk menyiapkan lingkungannya untuk mengurangi dampak bencana yang menkin saja bisa terjadi.

Joko juga mengimbuhkan, bahwa warga yang berada di pesisir pantai seperti nelayan harus selalu wapada terhadap cuaca ekstrim yang bisa mengakibatkan gelombang tinggi. “ Peluang terjadinya gelombang tinggi masih bisa terjadi, untuk masyarakat yang menginginkan informasi mengenai cuaca bisa langsung menghubungi BMKG”.

Yunus S Swarinoto selaku Deputi Bidang Meteorologi BMKG menulis keterangan tentang potensi terjadinya hujan deras di Indonesia dipicu oleh beberapa hal. Diantaranya adalah hangatnya suhu muka laut, di atas normal di perairan Indonesia bagian barat.

Tidak hanya itu masuknya lairan massa udara basah dari Samudera Hindia, dan lemahnya aliran massa udara dingin Australia, Selain itu juga adanya derah pertemuan dan belokan angin di wilayah Sumatra dan Kalimantan mengakibatkan kondisi atmosfer menjadi tidak stabil sehingga berpotensi terjadinya hujan lebat disertai dengan angin kencang.

Dari kondisi atmosfir yang tidak stabil seperti ini, di perkirakan beberapa wilayah di Indonesia akan turun hujan dengan intensitas lebat. Wilayah-wilayah tersebut antara lain  Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Untuk itu sekali lagi warga Indonesia dihimbau untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrim dan khusunya himbauan ini ditujukan oleh daerah dataran tinggi, bantaran sungai dan pesisir pantai yang sering terjadi bencanan alam.

Baca Juga : Hastag #AyoLoncat Jadi Viral Di Twitter Lantaran Netizen Tagih Janji Habiburokhman Terjun dari Monas !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here