Berita Terkini: Banjir Membuat Jombang-Mojokerto Lumpuh, Jalur Kereta Porong Terganggu!!

0
1491
Berita Terkini: Banjir Membuat Jombang-Mojokerto Lumpuh, Jalur Kereta Porong Terganggu!!

Berita Terkini: Banjir Membuat Jombang-Mojokerto Lumpuh, Jalur Kereta Porong Terganggu!!

Indowarta.com– Intensitas hujan yang turun sejak Kamis malam sampai hari Jumat tanggal 12 Februari 2016 membuat ribuan hunian warga di enam Kecamatan Kabupaten Jombang, Jawa timur banjir. Bahkan rencaman banjir yang erjadi membuat jalanan antar Jombang – Mojokerto tidak bisa dilalui sama sekali.

Banyak kendaraan yang mogok ketika melewati jalanan di Desa Jomok, Kesamben, Jombang. Ternyata rendaman banjir di daerah tersebut sudah selama satu minggu. Banjir yang menggenangi rumah warga tidak kunjung surut sehingga banyak remaja harus berjalan kaki melewati banjir untuk berangkat ke sekolah.

Banjir tidak hanya terjadi di Jombang saja. Di jalur Porong – Sidoarjo banjir rupanya juga menggenang akibat hujan yang turun selama semalam penuh. Ketinggian air yang cukup tinggi membuat jalan raya dan juga rel kereta api dari Sidoarjo menuju Malang ditutup total.

Beberapa kendaraan yang nekat menerobos genangan banjir mogok ditengah – tengah banjir karena tinggi banjir yang hampir 1 meter. Banjir yang menggenang sepanjang 2 kilometer tersebut membuat akses jalan raya porong dan rel kereta api lumpuh.

 

Jalur kereta api yang lumpuh di kawasan Porong, Sidorarjo, Jawa Timur membuat beberapa kereta api tidak bisa melintas sama sekali. Beberapa kereta api yang harus menunda keberangkatannya adalah KA Mutiara Timur, Logawa dan Sri Tanjung. Sampai banjir surut, kereta harus tetap berada di Stasiun Gubeng dan Stasiun Banyuwangi untuk menunggu instruksi selanjutnya.

Penumpang yang tidak bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kereta kemudian diberi pilihan lain dengan menggunakan Bus yang sudah disiapkan oleh PT KAI Daop 8 Surabaya. Bus tersebut akan mengantar semua penumpang sampai tujuan akhir di Sidoarjo dan juga Surabaya.

Karena lumpuhnya jalur kereta api membuat para penumpang terlambat perjalanannya sampai empat jam perjalanan. Ada beberapa penumpang yang merupakan calon penumpang pesawat yang rencananya akan berangkat dari Bandara Juanda. Karena keterambatan tersebut mereka harus merugi karena melakukan cancel pada tiket yang sudah mereka beli.

Banjir yang menggenang tepat di perlintasan kereta api karena sungai Porong yang meluap akan menghambat perjalanan kereta api lainnya. jika banjir tidak segera surut, maka PT KAI akan mengembalikan tiket yang sudah dibayar dengan pengembalian sebesar 100 persen.

baca juga : Berita Terkini: Terancam Kelaparan, Ribuan Korban Banjir Solok Butuh Bantuan !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here